Waspada, Ini 5 Penyakit dengan Gejala Kesemutan

Kesemutan dapat terjadi karena posisi duduk atau tidur yang kurang tepat. Namun, bila terjadi secara terus-menerus kondisi ini bisa menandai masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit serangan jantung, diabetes, dan stroke.

Apabila frekuensinya terlalu sering, mungkin ini menjadi gejala masalah kesehatan atau penyakit yang perlu diwaspadai. Kesemutan menjadi kondisi yang bisa terjadi oleh siapa saja. Namun, Kesemutan ringan kerap terjadi pada bagian tangan dan kaki yang terlalu lama mendapatkan tekanan. Kondisi ini bisa berkurang dengan menghilangkan tekanan tersebut.

Meski begitu, apabila kesemutan muncul diikuti dengan banyak gejala lain seperti rasa sakit, mati rasa, pengecilan otot, dan gatal. Sebab, ini dapat menjadi suatu tanda adanya masalah kesehatan yang serius, dan bukan tidak mungkin dapat mengancam nyawa.

Kesemutan Tanda Penyakit Ini

Kesemutan dapat terjadi akibat kerusakan pada saraf. Neuropati perifer menjadi jenis kerusakan saraf yang bisa berpengaruh pada area otak dan sumsum tulang belakang. Umumnya, masalah kesehatan ini akan ditandai dengan gejala yang terasa pada kaki dan tangan. Semakin lama, kondisinya bisa memburuk dan berdampak pada penurunan mobilitas bahkan memicu kecacatan.

Memang benar, neuropati perifer lebih sering ditemui pada orang berusia lanjut. Akan tetapi, bukan berarti usia dewasa muda dapat menganggap ini sebagai kondisi yang remeh. Sebab, kesemutan memang bisa menjadi gejala dari salah satu penyakit berikut ini:

  1. Serangan Jantung

Kesemutan yang menyerang area tangan secara tiba-tiba dapat mengindikasikan penyakit serangan jantung. Sebab, terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah yang menuju ke organ jantung. Kondisi tersebut bisa memunculkan sensasi kesemutan dan nyeri pada dada. Bahkan, kerap muncul sensasi seperti mati rasa pada bagian tangan.

  1. Diabetes
BACA JUGA  Mata Kedutan? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa pengidap diabetes juga merasakan sensasi kesemutan pada tangan. Biasanya, kesemutan pertama kali akan terasa pada bagian kaki, selanjutnya menyebar ke bagian tangan. Bahkan, tak sedikit pula pengidap diabetes yang mengalami kerusakan pada saraf, baik dari stadium yang ringan hingga parah.

  1. Stroke

Selain serangan jantung dan diabetes, kesemutan yang diikuti dengan sensasi mati rasa juga dapat menjadi tanda gejala penyakit stroke. Gejala lain yang mungkin muncul termasuk mengalami kesulitan berbicara dan kehilangan keseimbangan. Ada pula pengidap stroke yang mengalami sakit kepala hebat dan masalah penglihatan pada salah satu atau kedua mata.

  1. Carpal Tunnel

Carpal tunnel adalah penyakit yang muncul karena getaran atau gerakan berulang yang membuat saraf pergelangan tangan tertekan. Akibatnya, kamu akan merasakan beberapa gejala yang membuat tidak nyaman, salah satunya adalah kesemutan. Akan tetapi, gerakan berulang tersebut juga dapat memicu pembengkakan pada jaringan di sekitar saraf. Dampaknya, kamu juga dapat merasakan sensasi mati rasa, bahkan tangan menjadi lebih lemah.

  1. Saraf yang Terjepit

Tidak hanya di bagian tangan, seseorang yang mengalami saraf terjepit biasanya juga mengalami kesemutan pada area kaki dan leher. Penyebabnya bisa banyak hal, seperti postur tubuh yang tidak tepat, cedera, dan peradangan pada sendi. Selain kesemutan, cedera juga pasti menimbulkan rasa nyeri yang membuat pengidap merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Itu tadi beberapa penyakit yang diikuti dengan kesemutan sebagai salah satu gejalanya. Jika kamu mengalaminya dan tidak membaik, bahkan diikuti dengan berbagai gejala lainnya, segera lakukan pemeriksaan.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Gembok Kamar Lapas Tembilahan Kelas IIA Ditukar untuk Hindari Duplikasi Kunci

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, melakukan penukaran dan perawatan gembok kamar tahanan. Penukaran gembok kamar lapas dilakukan untuk...

Hukum

Polisi Buru WN Australia Pemilik 35 Kg Sabu di Kuta, Bali

Direktorat Narkoba Polda Bali mengungkap jaringan narkotika Warga Negara Australia dengan kepemilikan 35,5 kg sabu yang disita di vila kawasan  Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan...