Warga Negara Swedia Ditangkap Iran Atas Tuduhan Mata-Mata

Kementerian intelijen Iran mengatakan telah menangkap seorang warga negara Swedia atas tuduhan mata-mata setelah dia di bawah pengawasan selama beberapa waktu sebelumnya.

Sebuah pernyataan kementerian intelijen pada hari Sabtu tidak menyebutkan nama warga Swedia atau memberikan informasi tentang usia atau keberadaannya.

Juga tidak jelas apakah ini adalah orang yang sama  yang penangkapannya telah diumumkan oleh kementerian luar negeri Swedia pada bulan Mei. Pada saat itu, Swedia mengatakan seorang turis berusia 30-an ditangkap, tetapi Iran belum melaporkan penangkapan itu.

Tetapi pernyataan kementerian intelijen Iran pada hari Sabtu menyebutkan bahwa perjalanan orang yang ditangkap dipantau secara ketat sejak waktu yang tidak ditentukan ketika dia memasuki negara itu, dan bahwa perjalanannya “dilakukan sepenuhnya di luar tujuan dan praktik wisata”.

“Temuan oleh badan anti-spionase kementerian menunjukkan bahwa tersangka melakukan kontak dengan sejumlah orang yang diduga elemen Eropa dan non-Eropa di Iran, menggunakan komunikasi profesional dan praktik keamanan dan kerahasiaan,” katanya.

Kementerian mengatakan warga negara Swedia itu masuk kembali ke negara itu beberapa bulan lalu, tak lama setelah “mata-mata Eropa lainnya” ditangkap.

Kementerian intelijen Iran juga mengatakan orang yang ditangkap itu memiliki riwayat bepergian ke Israel, musuh bebuyutan Iran.

Pada bulan Mei, intelijen Iran menangkap dua warga negara Prancis yang dituduh membantu mengorganisir protes oleh para guru.

Dalam seminggu terakhir, badan intelijen  dan  penegak hukum Iran telah mengumumkan penangkapan dua tim terpisah yang diduga bekerja untuk agen mata-mata Israel Mossad.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3