Warga Lingkar Mandalika Dapat Pelatihan Antisipasi Gempa dan Tsunami

Sejumlah warga di lingkar Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI-Polri melakukan pelatihan kesiagaan menghadapi bencana.

Dalam pelatihan ini, potensi bencana yang menjadi fokus warga adalah gempa bumi dan tsunami. Koordinator program Bali Nusra APAD Indonesia, Anton Roy Purnama mengatakan, latihan simulasi itu melibatkan seluruh stake holder dan masyarakat sekitar. Termasuk para aktor pariwisata yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Ini untuk menyiapkan diri, masyarakat dan stackholder yang ada di kawasan Mandalika dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami,” katanya.

Wilayah Lombok bagian selatan khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan pertemuan lempeng Indonesia-Australia yang memiliki potensi kegempaan cukup besar.

“Tentunya banyak juga hotel-hotel, homestay yang perlu kita perhatikan keselamatan tamunya sebagai salah satu komitmen dari KEK Mandalika,” katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan latihan simulasi tidak berakhir sampai di sini. Akan tetapi bisa terus dikembangkan dan diulang secara rutin. Seperti dalam pelaksanaan latihan kali ini tentunya warga tidak mengharapkan semuanya sempurna dalam satu kali uji coba. Ada catatan perbaikan yang bisa dievaluasi dalam proses latihan simulasi berikutnya.

“Latihan ini harus rutin dilaksanakan, tidak hanya satu kali,” katanya.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6