Wabup Bone Bolango Didaulat Pimpin Sidang di JCC Senayan

Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango Merlan S. Uloli, selaku Ketua Presidium mendapat kepercayaan dan didaulat memimpin sidang pada Rapat Umum Anggota (RUA) Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) tahun 2022, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).

Wabup Merlan Uloli dihubungi secara terpisah mengaku bersyukur dirinya mendapat kepercayaan dan didaulat memimpin sidang pada RUA LTKL tahun 2022.

Pelaksanaan sidang rapat umum anggota LTKL dirangkaikan dengan APKASI Otonomi Expo 2022 yang akan berlangsung dari tanggal 19-21 Juli 2022 ini, juga membahas kerja prioritas 2022-2023 dan evaluasi Sekretariat LTKL 2021-2022.

Ia mengungkapkan RUA LTKL merupakan rapat rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya sebagai wadah untuk memutuskan beberapa keputusan tertinggi, seperti arah program strategis hingga model kepengurusan.

Seperti halnya pada RUA LTKL 2021 lalu yang telah memutuskan deklarasi komitmen kabupaten lestari 2030 untuk melindungi hutan dan gambut di ekosistem yurisdiksi kabupaten hingga menyusun resep model kabupaten lestari untuk direplikasi.

“Hal ini tentu menjadi landasan bagi kabupaten anggota untuk menyusun strategi dan kerangka intervensi dalam mencapai visi dan misi LTKL sebagai forum dan menyelaraskan ke dalam target masing-masing kabupaten,”ungkap Wabup Merlan yang turut didampingi Asisten III Setda Bone Bolango, Marni Nisabu, dikutip dari laman Infopublik.id.

Lebih lanjut, Wabup Merlan menyebutkan adapun tujuan RUA LTKL ini, di antaranya menyampaikan, mengevaluasi dan mengesahkan laporan tahunan LTKL periode 2021-2022, menyampaikan dan memutuskan program tahunan LTKL periode 2022-2023, meluncurkan beberapa produk hasil capaian kabupaten LTKL dan LTKL sebagai asosiasi pemerintah kabupaten.

Selain itu, mengesahkan anggota baru dan jejaring Mitra Utama baru LTKL sesuai kebutuhan, mengesahkan Tim Perumus LTKL melalui SK Ketua Umum LTKL, dan memutuskan tuan rumah Festival Kabupaten Lestari (FKL) 2023.

BACA JUGA  Bupati Gorontalo Minta Data Penduduk Harus Dilengkapi, Ini Alasannya

Orang nomor dua di Kabupaten Bone Bolango ini, menambahkan program prioritas LTKL 2022-2023 juga menjadi topik yang dibahas dalam sidang RUA LTKL tahun 2022, yang meliputi pembahasan program LTKL tahun 2022-2023, pemaparan program LTKL tahun 2022-2023 oleh Tim Perumus (5 tim), pengesahan program LTKL tahun 2022-2023.

“Selanjutnya, pengumuman dan pengesahan Tim Perumus, presentasi Kabupaten Berau sebagai anggota baru, pengesahan kabupaten anggota baru, dan penyerahan SK Pengurus LTKL periode 2021-2024,” tambah Wabup Merlan.

Ketua Pimpinan Muslimat NU Bone Bolango ini, juga menerangkan sebagaimana kita ketahui bahwa LTKL adalah asosiasi pemerintah kabupaten yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten demi mewujudkan pembangunan lestari yang menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat lewat gotong royong multipihak.

LTKL merupakan kaukus pembangunan lestari dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang berdiri sejak 21 Juli 2017.

”Saat ini, LTKL memiliki 9 kabupaten anggota di 6 provinsi di Indonesia dan bekerja berdampingan dengan 26 jejaring mitra multi pihak,” tutur Srikandi Bone Bolango ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3