Wabah PMK Meningkat, 1.037 Hewan Ternak Warga Terpapar di Riau

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Provinsi Riau terus mengalami peningkatan. Terdapat 1.037 kasus yang tersebar di tujuh kabupaten hingga 13 Juli 2022.

Wabah PMK tersebar di tujuh daerah itu diantaranya, Kabupaten Rokan Hulu 184 kasus, Indragiri Hilir (Inhil) 221 kasus, Siak 158 kasus, Bengkalis 644 kasus, Kampar 26 kasus, Indragiri Hulu (Inhu) 142 kasus dan Pelalawan 7 kasus.

“Sampai kemarin sudah 1.037 kasus PMK yang ditemukan di Riau. Itu tersebar di tujuh kabupaten,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman dilansir dari cakaplah.com, Kamis (14/7/2022).

Lebih lanjut Herman mengatakan, dari 1.037 kasus di Riau, sebanyak 274 ekor sapi dinyatakan sembuh. Dengan rincian Rohul 21 ekor, Siak 18 ekor, Inhil 67 ekor, Bengkalis 103 ekor, Kampar 16 ekor, Inhu 22 ekor, dan Pelalawan belum ada kasus yang sembuh.

“Kalau sapi yang mati terpapar PMK itu di Riau cuma ada tiga ekor. Itu di Rohul ada satu ekor, dan Siak ada dua ekor,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk penanganan kasus PMK hewan ternak di Riau, Dinas PKH Riau telah menerima bantuan vaksin tahap pertama sebanyak 7.400 dosis.

Dengan terus meningkatnya wabah tersebut di Riau, pusat akan mendistribusikan bantuan vaksin tahap kedua, yang direncanakan akan datang pekan ini atau pekan depan sebanyak 50 ribu dosis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3