Vietnam Bersedia Bantu Mozambik Memastikan Ketahanan Pangan

Presiden Negara Vietnam Nguyễn Xuân Phúc mengadakan resepsi pada hari Rabu di Hà Nội untuk Presiden Majelis Mozambik Esperanca Laurinda Francisco Nhiuane Bias, yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Vietnam atas undangan mitranya dari Vietnam Vương nh Huệ.

Presiden Phúc menekankan bahwa kunjungan tersebut telah memberikan kontribusi penting untuk memperkuat hubungan antara parlemen kedua negara dan akan meningkatkan persahabatan tradisional, kerja sama dan hubungan perdagangan.

Menyebutkan usaha patungan telekomunikasi Movitel di Mozambik sebagai model sukses yang menunjukkan potensi besar kerja sama antara kedua negara, Presiden meminta para pemimpin Mozambik untuk terus memperhatikan dan menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi Movitel untuk beroperasi dan terus berinovasi, untuk meningkatkan layanan kualitas, dan memperluas layanan seluler ke daerah pedesaan dan sulit untuk melayani masyarakat, masyarakat, dan ekonomi Mozambik dengan lebih baik.

Saat ini, perdagangan bilateral baru mencapai US$200 juta, dan Presiden menyarankan agar kedua belah pihak meningkatkan kerja sama perdagangan ke tingkat yang sesuai dengan potensi dan ukuran pasar masing-masing pihak, dan mendukung bisnis untuk memperkuat hubungan perdagangan.

Dengan kapasitas ekspor pangan yang besar, terutama beras, Vit Nam akan mendukung Mozambik dalam memastikan ketahanan pangan dan bersedia untuk memperkuat kerja sama di bidang kesehatan dan pendidikan di bidang terkait, dan memperluas kerja sama di bidang budaya dan olahraga, kata Presiden Phúc kepada pemimpin Mozambik.

Pemimpin Negara Vietnam juga mengucapkan selamat kepada Mozambik karena terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk masa jabatan 2023-24 dengan jumlah suara yang tinggi, menyatakan keyakinannya bahwa Mozambik akan memenuhi tanggung jawab ini, memberikan kontribusi positif bagi perdamaian. , keamanan, kerjasama, dan pembangunan di kawasan dan dunia.

BACA JUGA  RPJ di Bekasi Roboh Diterjang Angin Kencang, 1 Driver Ojol Tewas

Menghadapi kesulitan global yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, Mozambik telah berhasil menjaga stabilitas politik, pembangunan sosial-ekonomi, dan pengendalian penyakit, dan tetap teguh pada jalurnya untuk membangun negara yang makmur, menegaskan perannya dan kepentingan internasional yang penting. posisi Mozambik di kawasan Afrika.

Pemimpin parlemen Mozambik berterima kasih kepada Presiden Vietnam Phúc atas sambutannya, mengatakan bahwa dia sangat terkesan dengan pencapaian pembangunan sosial-ekonomi Vietnam.

Presiden Majelis Republik Mozambik menegaskan bahwa hubungan kedua negara telah berkembang di banyak bidang sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik.

Dia juga berterima kasih kepada Vit Nam atas dukungannya selama pandemi dan selama pemilihan Mozambik sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan dan berharap Vit Nam berbagi pengalamannya dalam kapasitas ini.

Memberi tahu pemimpin Vietnam tentang penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua parlemen, dan kunjungannya ke Akademi Politik Nasional Hồ Chí Minh, Akademi Pertanian Việt Nam, dan Komite Nasional untuk Insiden dan Tanggap Bencana serta Pencarian dan Penyelamatan Việt Nam , presiden majelis Mozambik mengatakan bahwa diskusi akan menjadi dasar kerja sama antara kementerian, departemen dan lembaga kedua negara di bidang ini.

Dia mengatakan dia senang Việt Nam telah meningkatkan jumlah beasiswa untuk siswa Mozambik dan mendukung Mozambik dalam pembangunan sosial-ekonomi, menegaskan kesediaan Mozambik untuk bekerja sama dengan Vit Nam di banyak bidang seperti diplomasi, ekonomi, budaya dan pendidikan.

Presiden Phúc mengatakan bahwa Vit Nam sangat mementingkan untuk mempromosikan persahabatan tradisional dan kerja sama dengan Mozambik, dan menganggap negara itu sebagai salah satu mitra kerja sama utama di Afrika.

Lebih lanjut, Presiden Phúc menyatakan kegembiraannya melihat bahwa hubungan politik di Partai dan saluran Negara telah berkembang dengan baik, menciptakan landasan yang menguntungkan bagi kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi.

BACA JUGA  Timnas Indonesia Tak Gentar Hadapi Vietnam di Group B Piala AFF 2020

Untuk meningkatkan kerja sama kedua negara di masa depan, Presiden mengusulkan untuk memperkuat pertukaran delegasi dan kontak tingkat tinggi.

Presiden Phúc menyampaikan salam dan mengirimkan undangan kepada Presiden Mozambik Filipe Nyusi untuk mengunjungi Việt Nam.

Presiden mengatakan bahwa Vit Nam bersedia berbagi dengan Mozambik pengalamannya bekerja di Dewan Keamanan PBB, secara aktif menerapkan mekanisme kerja sama bilateral, dan terus aktif berkoordinasi dan saling mendukung di forum multilateral

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur sejumlah wilayah Riau, Kamis (23/6/2022). Forecaster On Duty BMKG stasiun...

Hukum

Pengendara Mobil Melarikan Diri Usai Menabrak di Denpasar

Pengendara mobil di Jalan Letda Tantular, Denpasar, tepatnya di tikungan sebelah utara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menabrak pengendara sepeda motor dan melarikan...