Truk Angkut Drum BBM Terbakar di SPBU Lamongan

Musibah kebakaran terjadi, Sebuah pikap bermuatan drum BBM terbakar di SPBU di Dusun Penanjan, Desa/Kecamatan Paciran, Lamongan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kejadian bermula ketika pikap milik Athoin Auliya (37) tahun, warga Desa Sendangagung, Paciran mengisi BBM di SPBU tersebut. Saat mengisi BBM, tiba-tiba ada percikan api dan dengan cepat menjalar ke drum berisi BBM yang sedang diangkut.

Kobaran api yang ditimbulkan bahkan sempat mengagetkan warga karena pikap yang berisi BBM itu sempat menimbulkan ledakan.

“Tadi seperti ada yang meledak,” terang salah seorang warga Paciran Torik, Selasa (19/7).

Api semula muncul ketika pikap sedang mengisi BBM dan dengan cepat membesar. Oleh petugas SPBU, mobil kemudian didorong menjauh dari SPBU agar api tidak menjalar ke area SPBU.

“Awalnya saat isi BBM, tapi kemudian didorong oleh petugas,” tuturnya.

Mendapati api yang berkobar ini, petugas dan warga kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran. Dua mobil Damkar yang tiba di lokasi langsung melakukan penyemprotan ke arah mobil yang terbakar dibantu oleh petugas Satpol PP dan pegawai kecamatan, Koramil dan Polsek Paciran serta petugas SPBU.

“Ada 2 mobil Damkar yang berusaha memadamkan api,” jelasnya.

Kapolsek Paciran Iptu Achmad Purnomo menyampaikan kebakaran terjadi sekitar pukul 21.15 WIB dan laporan masuk sekitar pukul 21.20 WIB. Armada tiba di lokasi sekitar pukul 21.23 WIB dan langsung melakukan pemadaman. Dua mobil Damkar yang datang berhasil memadamkan api sekitar pukul 22.55 WIB yang dilanjutkan dengan pembasahan.

“Dua unit mobil damkar dengan kekuatan personel sebanyak 10 petugas dikerahkan untuk memadamkan api,” tuturnya.

Dugaan awal, terang Purnomo, penyebab kebakaran adalah percikan api dari aki mobil pikap yang mengalami korsleting yang dengan cepat menjalar karena muatan pikap yang juga berisi BBM sesaat setelah mengisi BBM jenis pertalite. Api baru diketahui saat sopir hendak membayar ke petugas SPBU.

“Seluruh bagian mobil ludes terbakar karena percikan api langsung menyambar ke seluruh bodi mobil,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, kerugian material akibat kejadian ini ditaksir mencapai Rp 40 juta karena sejumlah fasilitas di SPBU mengalami kerusakan akibat peristiwa ini. Arus listrik di SPBU juga langsung dipadamkan agar api tidak menjalar.

“Korban jiwa nihil, taksiran kerugian mencapai Rp 40 juta,” tutupnya. (Kay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3