Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Perawatan kulit wajah kini menjadi hal penting dalam kehidupan sebagian besar wanita. Banyak wanita yang ini tampilan wajahnya awet muda dengan cara yang praktis atau instan. Hal tersebut diiringi dengan tren perawatan kecantikan yang semakin berkembang dan banyak pilihan.

Salah satu tren kecantikan yang saat ini sedang populer adalah sulam bedak. Meski begitu, salah satu inovasi kecantikan asal Korea Selatan yang bernama BB glow (beauty balm glow) ini masih memicu perdebatan atau kontroversial. Terutama dalam hal manfaat dan risiko. Simak artikel ini untuk mengetahui seperti apa manfaat dan risiko melakukan sulam bedak.

Manfaat yang Ditawarkan dari Perawatan Sulam Bedak

Sulam bedak adalah prosedur estetika yang dilakukan untuk mendapatkan alas bedak (foundation) semi permanen pada wajah. Alas bedak atau foundation adalah kosmetik sebagai alas atau dasar sebelum merias wajah. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan teknologi jarum nano, yang terbukti secara ilmiah aman memasukkan krim BB (beauty balm) berwarna ke lapisan atas kulit.

Perawatan ini dapat menyamarkan semua noda di wajah, termasuk hiperpigmentasi, kemerahan, lingkar hitam, dan pori-pori besar. Berikut ini manfaat sulam bedak yang menjadikannya semakin diminati:

  • Selain menutupi kekurangan kulit, sulam bedak juga bermanfaat untuk melembabkan kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mengurangi komedo dan pori-pori tersumbat, serta mengurangi munculnya lingkaran hitam.
  • Sulam bedak juga bermanfaat untuk pengidap rosacea, untuk menutupi kemerahan dan kapiler yang pecah.
  • Krim BB yang meresap ke dalam kulit mengandung banyak bahan antipenuaan, vitamin, dan antioksidan yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.
  • Sulam bedak tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan jerawat, karena pigmen ada di dalam kulit. Berbeda dengan produk yang diaplikasikan di atas pori-pori.
  • Sulam bedak cocok untuk orang yang memiliki masalah kulit yang membandel. Karena perawatan ini dapat secara instan menutup ketidaksempurnaan.

Risiko Melakukan Sulam Bedak

Selain manfaatnya, ada risiko yang dikhawatirkan banyak ahli dari perawatan sulam bedak. Prosedur mencampurkan riasan yang merupakan pigmen berwarna dan perawatan kulit, kemudian memasukkannya melalui jarum mikro pada kulit dianggap tidak aman.

Berikut ini alasan banyak ahli yang tidak merekomendasikan sulam bedak:

  1. Tidak aman

Menurut ahli, ada efek samping yang terdokumentasi dari perawatan kecantikan ini. Misalnya, kulit menjadi tidak rata, muncul kemerahan, dermatitis, reaksi alergi, pigmentasi dan jaringan parut, bahkan pembengkakan pada kulit.

Memasukkan vitamin dan nutrisi tertentu ke dalam kulit menggunakan jarum mikro adalah prosedur yang normal dan baik. Namun, memasukkan riasan yang tidak terurai seperti alas bedak atau foundation yang merupakan pigmen berwarna, bukanlah hal yang baik untuk kesehatan kulit.

  1. Belum tentu mendapatkan hasil yang dijanjikan

Menurut dokter spesialis kulit, pigmen berwarna (alas bedak/foundation) tidak dapat dipastikan meresap secara merata, karena prosedur tersebut menggunakan jarum mikro dengan gerakan melingkar di seluruh wajah. Hal tersebut menyebabkan warna kulit tidak merata.

Selain itu ahli menilai, sifatnya yang semi permanen merupakan istilah yang sangat subjektif. Seseorang berada pada risiko bahaya, trauma, dan kerusakan kulit hanya untuk kulit cerah yang hanya bertahan selama seminggu. 3. Tujuannya tidak tepat

Menurut ahli, tujuan perawatan yang seharusnya diutamakan adalah kulit yang sehat, bukan kulit yang cerah dengan mengubah warnanya. Jika seseorang merawat kulit agar lebih sehat, maka secara otomatis tampilannya pun akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

Merawat kulit agar sehat juga dapat membuat kulit kencang dan bercahaya. Mengubah warna kulit seharusnya bukan tujuan, karena setiap warna kulit itu indah ketika sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Klarifikasi Suami Selingkuh dengan Ibu Mertua di Serang Banten

Klarifikasi Suami Selingkuh dengan Ibu Mertua di Serang Banten. Sebuah kisah perselingkuhan viral di TikTok baru-baru ini. Kasus dugaan suami selingkuh dengan ibu mertua ini...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Kembang Api Selalu Jadi Simbol Malam Pergantian Tahun, Berikut Asal Usulnya

Saat ini, kembang api telah menjelma menjadi simbol perayaan di seluruh dunia. Kembang api mengalami perkembangan yang sangat siginifikan, dari zaman Tiongkok kuno hingga...

Peristiwa

Geger! Pria di Jakarta Timur Ditemukan Tewas Tersengat Listrik

AG (55) tahun, Seorang pria dilaporkan tewas tersengat listrik dan terjepit di antara toren air isi ulang di Jalan Permata 2, Kampung Melayu, Jakarta...

Hukum

Bejat! Pria Paruh Baya di Bukittinggi Ditangkap Cabuli Remaja Laki-Laki

IG (46) tahun, Seorang pria paruh baya ditangkap polisi atas dugaan mencabuli anak bawah umur pada Sabtu 28 Januari 2023. Kasat Reksrim Polresta Bukittinggi, AKP...

Iklan3