Tolak Eksekusi Lahan, Warga Bersama Aliansi Mahasiswa dan Ormas IPK Siak Blokir Jalin Siak-Dayu

Ribuan warga bersama aliansi mahasiswa dan Ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Siak, Provinsi Riau, gelar aksi demonstrasi dengan memblokir jalan lintas (Jalin) Siak-Dayun tepatnya di KM8. Aksi tersebut bertujuan menolak proses konstatering dan surat eksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Siak, Rabu (3/8/2022).

Sejumlah warga membakar sampah di tengah jalan untuk menghadang arus lalu lintas. Pihak kepolisian pun tampak kesulitan menertibkan jalan umum tersebut.

Kepala Polres Siak AKBP Ronald, turut melakukan negosiasi dengan masa aksi agar membuka akses jalan.

Aksi masa itu dipicu oleh PN Siak yang ingin melakukan konstatering dan mengeksekusi lahan milik masyarakat yang berlokasi di Dayun seluas 1.300 hektare. Berdasarkan hasil keputusan Mahkamah Agung atas gugatan PT Duta Swakarya Indah (DSI).

Namun, warga menilai eksekusi tersebut dinilai tak sesuai. Sebab lahan yang akan dieksekusi adalah milik masyarakat yang sudah beralas Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Kami menolak adanya eksekusi lahan, akan kami perjuangkan sampai mati hak-hak kami. PN Siak salah sasaran jika lahan kami yang dieksekusi,” jelas Sunardi selaku kuasa dari masyarakat dikutip dari cakaplah.com, Rabu (3/8/2022).

Warga kemudian meminta pihak PN Siak untuk menemui pendemo.

PT DSI menggugat PT Karya Dayun yang mengklaim PT Karya Dayun melakukan penguasaan di lahan konsesinya, namun pihak Karya Dayun mengaku tidak memiliki lahan dan hanya mengelola lahan milik masyarakat setempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3