Tips Memilih Oli Mesin Diesel Yang Tepat, Jangan Asal Beli!

Tips memilih oli mesin yang tepat merupakan salah satu cara merawat mesin diesel modern. Untuk bisa menentukan oli yang tepat, ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh Carmudian.

Menurut Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants ada beberapa tips bagaimana memilih oli mesin diesel. Salah satunya mengikuti rekomendasi spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabrikan kendaraan.

“Kalau bingung tips menentukan spesifikasi oli yang dibutuhkan mesin, bisa melihat buku manual atau servis kendaraan. Apalagi mesin diesel modern saat ini sudah memakai turbo, harus memakai oli yang cocok dengan turbocharger.

Menurut Brahma mesin diesel modern yang sudah dibekali turbo membutuhkan pendinginan mesin yang maksimal. Untuk itu dibutuhkan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan yang punya ketahanan terhadap suhu tinggi.

Cara kedua selain melihat spesifikasi pabrikan yakni dengan melihat material kandungan pada oli tersebut.

“Ada bahan mineral atau sintetik. Untuk oli diesel modern lebih baik memakai oli dengan bahan dasar mineral untuk memberikan perlindungan maksimal,” sambungnya.

Salah satu oli yang cocok digunakan untuk mesin diesel modern yakni Fastron Diesel 15W-40.

Pelumas buatan Pertamina tersebut memiliki spesifikasi API CI-4, sehingga cocok digunakan untuk mesin diesel modern terutama yang berteknologi commonrail.

“Oli Fastron Diesel ini punya kelebihan, yakni teknologi NanoGuard yang bisa melindungi lebih lama, terutama yang punya teknologi commonrail injection atau punya exhaust gas recirculation (EGR) dengan turbocharger,” kata Brahma.

Pelumas tersebut dinilai mampu menetralisir asal dari hasil pembakaran yang dinotasikan dengan angka total base number (TBN). Untuk oli mesin diesel umumnya memiliki angka TBN >10 mgKOH/g.

Asam tersebut berasal dari pembakaran sulfur yang terkandung dalam bahan bakar dan bersifat korosif, sebab itu oli harus diganti secara rutin karena lama kelamaan angka TBN ini akan turun seiring pemakaian.

BACA JUGA  Saat Betulkan Mesin AC, 2 ABK KM Taruna Maritim Keracunan Freon dalam Kapal

“Dengan daya lumas maksimal, tentunya akan meminimalisir gesekan di ruang mesin. Efeknya performa mesin diesel modern akan terus terjaga dan akan lebih awet dipakai dalam waktu yang lama,” pungkas Brahma.

Kandungan zat tersebut juga dinilai mampu mereduksi getaran dan mengurangi suara berisik pada mesin.

Penggunaan oli yang tepat tentunya bisa memberikan tips terhadap kedua efek tersebut, walaupun tidak bisa hilang sepenuhnya terutama di mesin yang punya getaran dan suara kencang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Naas! Pria di Bogor Jadi Korban Pembacokan OTK

RR, Seorang pria menjadi korban pembacokan oleh 3 orang tak dikenal (OTK) di Gunungputri, Kabupaten Bogor. Akibatnya, korban mengalami luka sabetan senjata tajam di...

Iklan3