Tim Pemeriksa Naiki Kapal Gandum Ukraina di Lepas Pantai Turki

Sebuah tim pemeriksa menaiki kapal pengangkut biji-bijian pertama yang meninggalkan pelabuhan Ukraina di masa perang pada Rabu sebelum melanjutkan ke tujuan akhirnya di Lebanon, dibawah kesepakatan yang ditengahi PBB yang bertujuan untuk meredakan krisis pangan global.

Razoni, yang berbendera Sierra Leone, berangkat dari pelabuhan Odesa Ukraina di Laut Hitam pada Senin pagi membawa 26.527 ton jagung ke Tripoli Lebanon. Itu berlabuh di pintu masuk Bosphorus pada Selasa malam.

Pelayaran itu dimungkinkan setelah Ankara dan PBB menengahi perjanjian ekspor biji-bijian dan pupuk antara Moskow dan Kyiv bulan lalu, sebuah terobosan diplomatik yang langka dalam perang gesekan yang berlarut-larut.

Dua kapal yang membawa personel inspeksi lepas landas dari pelabuhan nelayan kecil di Rumeli Feneri Istanbul menuju kapal, yang dikelilingi oleh dua perahu penjaga pantai sementara sebuah helikopter terbang di sekitarnya.

Inspeksi hari Rabu oleh personel Rusia, Ukraina, Turki dan PBB yang bekerja di Pusat Koordinasi Gabungan (JCC) di dekat Istanbul diperkirakan akan selesai sekitar tengah hari. Tidak jelas kapan kapal akan berangkat di sisa perjalanan.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan bahwa lebih banyak lalu-lintas pengiriman sedang direncanakan dari Ukraina pada hari Rabu (3/8), menambahkan bahwa sekitar 27 kapal dilibatkan pada kesepakatan ekspor.

Seorang pejabat senior Turki mengatakan seperti dikutip Reuters pada hari Selasa bahwa Ankara memperkirakan sekitar satu kapal meninggalkan tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam setiap hari.

Ekspor dari salah satu produsen biji-bijian utama dunia dimaksudkan untuk membantu mengurangi kekurangan pangan global dan kenaikan harga.

Sebagai bagian dari perjanjian, keempat pihak memantau pengiriman dan melakukan inspeksi dari JCC di Istanbul, yang melintasi Selat Bosphorus yang menghubungkan Laut Hitam dengan pasar dunia.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6