Tersangka Dugaan Pemalsuan Dokumen Oleh Bendesa Kubutambahan Bali

Tersangka atas pemalsuan dokumen sporadik tanah Balai Banjar Kaja Kangin, Desa Kubutambahan, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali dilakukan oleh Bendesa Adat Kubutambahan, Jero Pasek Ketut Warkadea.

Sebelumnya tersangka dilaporkan oleh korban Ketut Paang Suci Wira Yudha Brata, pada 8 Juli 2021 oleh Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya. Korban melaporkan bandesa tersebut karena tidak terima tanah warisan leluhurnya disertifikatkan.

Tanah tersebut memang diizinkan keluarga korban untuk digunakan dan dibangun Balai Banjar Kaja Kangin. Namun tanpa diketahui korban, tahun 2018 Bendesa Adat Kubutambahan malah mensertifikatkan lahan milik korban tersebut.

“Tanah ini sesungguhnya milik orang lain bukan pelaku. Tanah itu merupakan peninggalan leluhur mereka yang menjadi korban dalam kasus ini,” kata Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya, Jumat (29/7/2022).

Setelah dilakukan penyelidikan dan gelar perkara yang cukup lama, penyidik akhirnya menetapkan Warkadea sebagai tersangka pada Rabu (27/7/2022) lalu karena diduga membuat keterangan palsu atau surat palsu yang salah satunya dipergunakan untuk mengajukan sertifikat objek tanah tersebut.

“Jadi diduga dia memberikan keterangan sporadik mengatakan tanah itu diberikan atau dihibahkan,” katanya.

Kendati telah ditetapkan sebagai tersangka, penyidik belum melakukan penahanan terhadap tersangka. Atas perbuatannya Warkadea dijerat dengan pasal 253 ayat (1) dan (2) KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

“Belum bisa dipastikan kapan ditahan, nanti akan ada upaya. Upaya paksa baik berupa pemanggilan, penangkapan, tergantung penilaian penyidik. Pemanggilan dilakukan untuk dimintai keterangan guna mencocokkan keterangan yang dipegang penyidik selama ini,” tukasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3