Terjerat Kasus Korupsi Pengadaan Tanah BUMN, Tersangka Dijebloskan di Rutan Pontianak

Tersangka kasus korupsi pengadaan tanah berinisial M di salah satu BUMN di Kabupaten Mempawah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat (Kalbar).

“Penahanan tersangka kasus ini kami lakukan setelah melakukan serangkaian tindakan penyidikan,” ungkap Kepala Kejati Kalbar Masyhudi dalam keterangan kepada wartawan dilansir dari kalbar.inews.id, Jumat (5/8/2022).

Masyhudi menjelaskan, tanah yang dimaksud berada di Kecamatan Sungai Kunyit. Pengadaan tanah tersebut terjadi pada 2018-2020.

Tersangka M ditahan setelah penyidik memiliki dua alat bukti yang cukup. Dia diduga melakukan perbuatan melawan hukum yakni memperoleh untung pembayaran selisih harga tanah seluas 2.257,6 meter persegi, yang mengakibatkan kerugian negara Rp564 juta.

Menurut Masyhudi, M dijerat Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 jo Pasal 18 UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sebelumnya dalam kasus ini penyidik Kejati Kalbar telah menetapkan satu tersangka inisial B, yang kini tengah menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pontianak.

“Penahanan tersangka M selama 20 hari ke depan di Rutan Kelas II A Pontianak,” ujarnya.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6