Tambang Emas Ilegal Dibongkar Polda Kalbar, 68,9 Kg Emas dan 19,6 Kg Perak Jadi Barang Bukti

Jaringan tambang ilegal berhasil dibongkar oleh Polda Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kasus tambang ilegal hingga juni 2022, 75 orang ditetapkan sebagai tersangka.

“Dari 75 tersangka itu, sebanyak 36 orang ditahan di Polda Kalbar dan 39 orang ditahan di Polres jajaran,” ungkap Kapolda Kalbar Irjen Suryanbodo Asmoro dalam keterangan pers di Pontianak dilansir dari kalbar.inews.id, Rabu (13/7/2022).

Suryanbodo mengatakan, para tersangka memiliki peran berbeda. da yang sebagai penambang, penampung, pengangkut, pengolah hingga pemodal.

Lokasi tambang ilegal yang terungkap berada di Kabupaten Ketapang, Sambas, Sekadau, Sintang, Sanggau, Melawi, Landak, Bengkayang, dan Kapuas Hulu.

Sementara barang bukti yang diamankan dalam pengungkapan itu sebanyak 68,9 kilogram emas senilai Rp66,6 miliar dan 19,6 kilogram perak senilai Rp470 juta.

Modus pelaku yakni melakukan penambangan secara tradisional hingga modern dengan alat berat ekskavator.

“Setelah butiran-butiran emas terkumpul maka dijual kepada pengepul baik di Pontianak maupun di Jakarta,” ucapnya.

Menurutnya, para tersangka dijerat pasal berbeda sesuai perannya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melapor ke aparat penegak hukum apabila melihat aktivitas penambangan emas tanpa izin.

“Agar bisa secepatnya diproses hukum,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3