Status Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Disorot, Sekjen AFC Buka Suara

Sekjen Federasi Sepak Bola Asia (AFC), Datuk Windsor John, buka suara soal insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kendati begitu, Windsor enggan berbicara lebih jauh mengenai status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar tahun depan.

Indonesia sudah ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sudah ada enam stadion yang disiapkan sebagai penyelenggara turnamen di tahun depan.

Windsor tak mau berbicara banyak mengenai status tuan rumah Indonesia. Pria asal Malaysia itu meminta semua pihak fokus kepada ratusan nyawa melayang yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

“Jangan bicarakan itu dulu [status tuan rumah Piala Dunia U-20], kami sekarang ini fokus karena banyak yang meninggalkan dan cedera. Saya rasa itu yang penting, yang lain akan kami bicarakan kemudian,” ucap Windsor, dilansir dari Kumparan, pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Menurutnya, saat ini AFC masih menunggu laporan resmi dari PSSI soal kejadian di Stadion Kanjuruhan. Per pukul 06:00 WIB, Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta, menyebut ada 127 orang yang tewas akibat kejadian ini. Beberapa mobil pun dirusak oleh massa yang masuk ke lapangan.

“Saya tunggu laporan penuh dari PSSI berkaitan dengan kejadian yang berlaku,” ucap Windsor lagi.

Hingga berita ini ditayangkan, FIFA dan AFC belum mengeluarkan pernyataan resmi. Sebelumnya, FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tetapi diundur menjadi 2023 karena pandemi.

Keputusan terkait status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sepenuhnya akan berada di tangan FIFA. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan adanya rekomendasi dari AFC kepada FIFA terkait status Indonesia menyusul insiden di Kanjuruhan.

Insiden di Stadion Kanjuruhan bermula saat Aremania yang kecewa melihat klubnya kalah masuk ke lapangan guna melakukan protes kepada para pemain.

BACA JUGA  Ketum PSSI Lakukan Pengecekan Stadion Kanjuruhan, Masih Jauh dari Standard FIFA

Pihak keamanan pun melakukan tindakan melihat suporter yang masuk ke lapangan. Gas air mata lalu ditembakkan untuk meredakan masa yang membeludak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3