Startup Argo AI Mulai Uji Coba Robotaxi di Miami dan Austin

Startup self-driving terbaru yang memungkinkan kendaraannya berkeliaran di jalanan tanpa sopir adalah Argo Al, startup yang didukung oleh Ford dan Volkswagen. Pekan lalu, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka sedang menguji kendaraan tanpa pengemudi di Miami, Florida, dan Austin, Texas. Karyawan Argo akan naik di kursi penumpang kendaraan untuk menguji layanan robotaxi perusahaan sebelum dibuka untuk umum.

Argo Al telah menguji kendaraan generasi keempatnya di Miami, Austin, dan Washington DC, selama beberapa tahun terakhir, serta di Pittsburgh, Detroit, dan California. Perusahaan juga bersiap untuk meluncurkan layanan pengiriman barang dan pengiriman mikro otonom dengan VW di Jerman, menggunakan teknologi otonom generasi kelima, mulai tahun 2025.

Pengumuman tersebut muncul setelah periode konsolidasi dalam industri AV, yang menyisakan hanya segelintir perusahaan yang didanai dengan baik untuk mendorong visi mereka tentang mobil robot sebagai solusi untuk krisis keselamatan mobil yang telah mencengkeram bangsa selama beberapa dekade.

Argo adalah yang startup terbaru yang secara rutin menguji kendaraannya tanpa pengemudi keselamatan manusia di belakang kemudi, menyusul Waymo, Cruise, dan Motion.

Namun Argo mengklaim menjadi perusahaan pertama yang melakukan pengujian driverless di dua kota secara bersamaan. Itu menekankan bahwa kendaraannya akan beroperasi selama “jam siang hari,” referensi yang jelas pada fakta bahwa kendaraan Cruise hanya diizinkan untuk mengemudi di San Francisco pada malam hari.

“Argo adalah yang pertama mobil tanpa pengemudi di dua kota besar Amerika, beroperasi dengan aman di antara lalu lintas padat, pejalan kaki, dan pengendara sepeda di lingkungan tersibuk,” kata Bryan Salesky, pendiri dan CEO Argo AI.

“Sejak hari pertama, kami mulai menempuh jarak tersulit untuk dikendarai, di banyak kota, karena di situlah kepadatan permintaan pelanggan, dan di mana platform otonomi kami mengembangkan kecerdasan yang diperlukan untuk menskalakannya menjadi bisnis yang berkelanjutan,” tambah Salesky, dilansir dari VOI.

BACA JUGA  3 Teknologi Pengaruhi Popularitas Tren Self-Driving Enterprise

Membuat mobil tanpa pengemudi adalah momen besar bagi perusahaan AV, terutama karena ini menunjukkan bahwa teknologinya cukup matang untuk menangani tugas inti mengemudi tanpa kehadiran pengemudi keselamatan untuk mengambil kemudi jika terjadi masalah. Karyawan Argo akan duduk di kursi penumpang selama fase pengujian ini saat perusahaan bersiap untuk meluncurkan layanan robotaxi dalam waktu dekat.

Saat ini, hanya segelintir operator AV (auto vehicle) yang benar-benar mengerahkan kendaraan tanpa pengemudi, juga dikenal sebagai kendaraan otonom Level 4, di jalan umum. Waymo, unit self-driving dari Alphabet, telah mengoperasikan kendaraan Level 4 di pinggiran kota Phoenix selama beberapa tahun, termasuk perjalanan ke pelanggan yang membayar.

Cruise, yang mayoritas sahamnya dimiliki General Motors, mulai mengoperasikan kendaraan Level 4 di San Francisco tetapi belum mencakup untuk pelanggan yang membayar.

Motion, perusahaan patungan antara Hyundai dan Aptiv, sedang menguji kendaraan L4-nya di Las Vegas. Yandex, raksasa teknologi Rusia, menguji kendaraan Level 4 di Las Vegas selama Consumer Electronics Show pada tahun 2020 tetapi telah menutup operasinya di AS setelah invasi Rusia ke Ukraina. Perusahaan teknologi China, Baidu, mulai menguji kendaraannya tanpa pengemudi yang aman di negara asalnya pada akhir 2020.

Argo mengatakan akan bekerja dengan Lyft untuk meluncurkan layanan ride-hailing komersial, dimulai pertama kali di Austin dan Miami. Perusahaan juga bekerja sama dengan Walmart pada layanan pengiriman otonom di kota-kota tersebut, termasuk Washington, DC. Pengemudi keselamatan manusia akan mengendarai kendaraan saat layanan tersebut diluncurkan, dengan operasi tanpa pengemudi yang terintegrasi dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Holywings Indonesia: “Promosi” Berbau SARA untuk Minum Alkohol, Setelah itu Minta Maaf

Holywings Indonesia menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait dengan konten promosi minuman beralkohol yang dianggap mengandung SARA untuk para konsumennya. Promosi tersebut diunggah di...

Hukum

Ayah 70 Tahun di Makassar Bunuh Anak Kandung, Ternyata ini Motifnya

Seorang ayah yang telah lanjut usia memukul anak kandung menggunakan balok kayu hingga tewas. Kejadian ini memuat gempar warga Jalan Sinassara, Kelurahan Kaluku Bodoa,...