Sri Lanka: Ranil Wickremesinghe Terpilih sebagai Presiden Berikutnya

Penjabat Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe akan menjadi presiden negara berikutnya hingga 2024, menurut penghitungan suara parlemen pada Rabu (20 Juli).

Hasil resmi menunjukkan Ranil Wickremesinghe mengumpulkan 134 suara dalam pemilihan tiga sudut untuk menggantikan Gotabaya Rajapaksa, yang melarikan diri dari negara yang dilanda krisis dan mengundurkan diri minggu lalu.

Lawan utama Wickremesinghe, Dullas Alahapperuma mendapat 82 suara dan Anura Dissanayake dari sayap kiri hanya tiga – memberinya mayoritas mutlak pada preferensi pertama.

“Perpecahan kami sekarang sudah berakhir,” kata Ranil Wickremesinghe dalam pidato penerimaan singkat di parlemen, mengundang Alahapperuma “untuk bergabung dengan saya dan bekerja sama untuk membawa negara keluar dari krisis yang kita hadapi”.

“Negara kita menghadapi tantangan besar dan kita harus bekerja pada strategi baru untuk memenuhi aspirasi rakyat,” tambahnya.

Wickremesinghe mengatakan dia berharap untuk dilantik pada Rabu malam dalam sebuah upacara sederhana di dalam gedung parlemen yang dijaga ketat.

Dengan diangkatnya pria berusia 73 tahun ke posisi puncak, kabinet saat ini secara otomatis bubar dan dia akan memilih perdana menteri untuk membentuk kabinet baru.

Pembicara Mahinda Abeywardana mengatakan perhatian dunia terfokus pada legislatif Sri Lanka karena memilih seorang pemimpin untuk melayani periode keseimbangan masa jabatan Rajapaksa yang berakhir November 2024.

“Ini adalah sesi bersejarah, tidak hanya untuk parlemen tetapi seluruh negara,” kata Abeywardana. “Mata dunia tertuju pada kita hari ini saat kita memilih presiden baru.”

Ranil Wickremesinghe, seorang pengacara yang pernah menjabat sebagai perdana menteri Sri Lanka enam kali, telah gagal mencalonkan diri sebagai presiden dua kali sebelumnya, tetapi dia mendapatkan cukup suara di antara anggota parlemen meskipun hanya menguasai satu kursi – sebagai pemimpin Partai Nasional Bersatu.

BACA JUGA  Antartika: Tanaman Tumbuh Subur Seiring Peningkatan Suhu Kutub

Pengalamannya di posisi senior pemerintah, dan reputasi sebagai operator yang cerdik yang membuatnya mendapat julukan “rubah”, harus diperhitungkan dalam mendukungnya saat ia mencari jalan keluar dari krisis ekonomi yang menghancurkan di Sri Lanka.

Wickremesinghe juga baru-baru ini bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF), dan menikmati hubungan kerja dengan negara-negara donor utama termasuk India.

Kemenangan Ranil Wickremesinghe, yang ditentang oleh banyak warga Sri Lanka biasa, dapat menyebabkan lebih banyak demonstrasi oleh orang-orang yang marah dengan elit penguasa setelah berbulan-bulan kekurangan bahan bakar, makanan dan obat-obatan, kata beberapa pengunjuk rasa.

Kandidat utama lainnya, anggota parlemen partai yang berkuasa Dullas Alahapperuma, lebih dapat diterima oleh para pengunjuk rasa dan oposisi tetapi tidak memiliki pengalaman pemerintahan tingkat atas di negara dengan hampir tidak ada dolar untuk impor dan sangat membutuhkan bailout IMF.

Ratusan polisi, paramiliter dan tentara dikerahkan di sekitar gedung parlemen, sekitar 13 km jauhnya, dan jalan pendekatan memiliki setidaknya tiga barikade. Personel keamanan dengan speed boat berpatroli di sebuah danau di sekitar gedung, dan jip militer serta kendaraan lapis baja berdiri diparkir di dalam perimeter.

Para pengunjuk rasa menduduki sekretariat presiden awal bulan ini bersama dengan kediaman resmi presiden, memaksa petahana Gotabaya Rajapaksa meninggalkan negara itu.

Banyak pengunjuk rasa melihat Wickremesinghe sebagai sekutu keluarga Rajapaksa, dan rumah serta kantor pribadinya juga diserbu oleh orang-orang yang menuntut penggulingannya .

Ranil Wickremesinghe menjadi penjabat presiden pekan lalu setelah Rajapaksa melarikan diri dengan pesawat militer ke Maladewa dan kemudian mengambil penerbangan komersial ke Singapura .

Dua saudara Rajapaksa, termasuk mantan perdana menteri dan presiden Mahinda Rajapaksa, serta seorang keponakan hadir saat 225 anggota parlemen berkumpul untuk pemungutan suara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Seorang Bule Pingsan di Kolam Renang dan Berujung Meninggal di Karangasem

Pria bule asal Belanda bernama Eddy Van Den Brand (63) meninggal dunia di sebuah villa tempat ia menginap di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten...

Hukum

Bejat! Remaja di Padang Cabuli Adik Sepupu Umur 10 Tahun

Seorang remaja yang berinisial YPY (18) tahun ditangkap Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang karena diduga melakukan pencabulan terhadap anak bawah umur. Korban tidak lain...

Iklan3