Seorang Seniman Kreasikan Bonsai Dengan Patung Hanoman di Bali

Seniman asal Bali bernama I Komang Merta Sedana (34), berhasil menjadikan bonsai mini sebagai salah satu media untuk mengemukakan isu-isu terkini dimasyarakat mengenai lingkungan. Hingga kini bonsai masih tetap dilirik masyarakat sebagai salah satu tanaman koleksi.

Adapun salah satu bonsai mini yang mencuri perhatian di lokasi Merta berkarya, yakni di Antik Mentik yang berlokasi di Jalan Seroja, Denpasar, Bali adalah bonsai mini dengan media kaleng minuman bekas serta sisa-sisa bungkus sampah seperti tutup botol plastik. Seniman tersebut mengaku bonsai mini itu dibuat dengan konsep lingkungan.

“Saya angkat konsep tentang lingkungan, di mana meski sampah-sampah berserakan tapi tanaman tetap bisa tumbuh di sana. Dari filosofi tersebut saya artikan di masa pandemi COVID-19, kita harus tetap semangat menjalaninya, meski memang sulit untuk dijalani,” ucap seniman asal Tabanan, Bali ini.

Ia mengaku pengemasan bonsai selalu dibuat semenarik mungkin. Ia juga memadukan seni tanaman dengan visual. Hampir keseluruhan bonsai mini karyanya di Antik Mentik, dipadukan dengan figur-figur patung unik, seperti tengkorak kepala hingga patung Hanoman.

“Di sini saya juga bikin bonsai bukan hanya untuk memperindah tanaman itu sendiri tapi juga selalu saya sisipkan konsep di masing-masing bonsai, seperti isu lingkungan tadi,” tutur pria yang sejak tiga tahun lalu menekuni bonsai mini ini.

Menurutnya, banyak hal yang membuatnya ingin terus menekuni dunia bonsai mini ini, salah satunya tantangan dalam proses pembuatan itu sendiri. Merta mengaku dibutuhkan kesabaran ekstra ketika tengah membuat bonsai mini, mengingat tanaman berukuran kecil sehingga dibutuhkan ketelitian dalam pembuatannya.

“Perbedaannya dari ukuran sampai perawatan. Kalau bonsai ukuran medium atau besar, lebih mudah dalam membuat karakter tua dari pohon itu. Tapi, kalau dari bonsai mini atau mame ini agak susah mencari karakter tuanya dan agar tidak terkesan masih bibit,” jelas Merta.

BACA JUGA  Sejumlah Besar Tisu Basah Bekas Telah Membentuk Pulau pada Sungai  di Inggris

Seniman tersebut menuturkan, harga bonsai mini yang ditawarkan mulai harga Rp80.000- Rp600.000. Sementara untuk peminatnya di Bali terbilang tinggi. Dalam satu bulannya, kata Merta, sekitar 5-6 bonsai laku terjual di Bali, Surabaya, hingga Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3