Seorang Pria Curi Peralatan Selam Seharga Ratusan Juta di Bali

Seorang pria yang merupakan pemandu wisatawan (guide) mencuri peralatan selam di Kota Denpasar, Bali bernama I Ketut Adi Wiratnaya (48). Ia nekat mencuri agar mendapatkan uang dengan jalan pintas.

Pencurian tersebut terjadi di kantor Bali View Dive yang beralamat di Jalan Griya Anyar Nomor 48, Kelurahan Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, pada Senin (25/7) lalu.

Ada berbagai macam alat selam yang diambil oleh pria itu, yakni 19 set regulator selam, enam buah masker selam biasa, sembilan buah masker selam min, satu buah dive comp dan tiga buah kompas. Berbagai macam alat selam yang dicuri bernilai sekitar Rp 140 juta.

“Nilainya sekitar Rp 140 juta,” kata Perwira Unit (Panit) 1 Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Denpasar Selatan Ipda Joko Wijayanto di Polresta Denpasar, Selasa (2/8/2022).

Joko menuturkan, tujuan pria itu mencuri alat-alat selam tersebut memang untuk dijual. Namun sebelum alat-alat selam itu sempat dijual, pelaku keburu diamankan oleh pihak kepolisian.

Awalnya, pria itu sebagai guide freelance ikut menjemput tamu di Pantai Semawang bersama sopir Bali View Dive pada Sabtu (23/7) sekitar pukul 08.00 WITA. Pada saat mengambil tas dan membuka laci mobil, pelaku melihat ada kunci kantor.

Kunci kantor itu kemudian diambil dan disimpan di tas oleh pelaku. Ia kemudian berangkat mengantar tamu untuk diving ke Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Setelah selesai mengantarkan tamu untuk diving dan wisatawan balik ke hotel, tersangka bersama sopir balik ke Bali View Dive untuk membersihkan alat-alat selam. Usai itu, pelaku kemudian pulang.

Namun, sesampainya di Jalan Taman Pancing, Kota Denpasar, pria itu duduk di pinggir sungai Tukad Badung sekitar satu jam. Pelaku kemudian makan dan pulang melalui daerah Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.

BACA JUGA  Jual Sabu, Petani di Bengkulu Ditangkap

Pada saat lewat di jalan, tersangka melihat ada mobil pikap yang disewakan. Pelaku kemudian menyewa mobil tersebut dan sepeda motor yang dibawa ditaruh di lokasi penyewaan. Setelah menyewa mobil pikap, pelaku kemudian balik ke Jalan Taman Pancing dan sempat tidur di mobil sembari menunggu malam.

Selanjutnya sekitar pukul 21.30 WITA, pelaku kembali menuju Bali View Dive. Sampai di sana, ia langsung memarkir mobil dan membuka pintu kantor. Pria itu langsung masuk mengambil barang-barang berupa alat selam dan menaikkannya ke bak mobil pikap.

“Tersangka langsung membawa pulang ke daerah Tabanan dan tersangka taruh di sebuah Pura Taman Biji. Kemudian tersangka masukan ke dalam karung dan tersangka simpan di pinggir sungai,” ungkap Joko.

Aksi pencurian pelaku diketahui setelah sopir Bali View Dive mengetahui kunci kantor hilang saat menjemput tamu di Hotel Ayana Resort & Spa di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), tidak ada kerusakan pada tempat kunci ditaruh.

Dari sana kemudian muncul kecurigaan bahwa pihak yang mengambil kunci kantor itu adalah seorang guide yang diajak untuk menjemput wisatawan. Polisi kemudian melakukan penyelidikan atas kecurigaan tersebut.

“Kami pun melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa pelaku adalah guide yang ikut menjemput tamu ke Ayana Jimbaran yang telah mengambilnya. Kami melakukan pencarian terhadap pelaku,” ujar Joko.

Setelah mengetahui keberadaan pelaku, polisi langsung melakukan penangkapan dan mencari barang bukti yang disembunyikan pelaku. Setelah berhasil menemukan barang bukti, pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Denpasar Selatan.

Pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi dan diganjar dengan Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3