Seleksi Tahap Kedua, Pemuda Pelopor Diharapkan Miliki Ide Baru Yang Bermanfaat

Pemilihan Pemuda Pelopor 2022 di Kalimantan Barat memasuki tahap seleksi kedua yaitu Tingkat Provinsi. Sebelumnya, sebanyak 27 orang pemuda pelopor mengikuti seleksi di tingkat kabupaten/kota dan terpilihlah 20 orang untuk mengikuti seleksi di tingkat kedua ini.

Kegiatan Seleksi Tingkat Provinsi ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat  Harisson, di Hotel Orchadz Perdana, Senin (13/6/2022).

Melalui kegiatan ini, Sekda Harisson berpesan agar dapat menjadi penyemangat bagi pemuda-pemuda di Kalbar agar bisa menjadi pelopor atau contoh baik itu kepada pemuda lainnya maupun masyarakat di sekitarnya.

“Pemuda pelopor adalah pemuda yang mempunyai inovasi dan kreativitas, untuk mengembangkan berbagai hal seperti pemberdayaan ekonomi, masyarakat, pariwisata, kesehatan maupun pendidikan,” jelasnya, dilansir dari InfoPublik.id, pada Selasa 14 Juni 2022.

Sekda Harisson juga mengatakan modal untuk menjadi pemuda pelopor yaitu 1. Jujur; 2. Disiplin; 3. Dukungan Orang Terdekat; dan 4. Kompetensi atau Keahlian.

“Diharapkan kita punya banyak pemuda pelopor yang memiliki ide-ide baru yang dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, pemilhan pemuda pelopor mencakup 5 bidang, yaitu 1. Agama, Sosial dan Budaya; 2. Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata; 3. Pendidikan; 4. Pangan; dan 5. Inovasi Teknologi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar Windy Prihastari melaporkan bahwa kegiatan pemilhan pemuda pelopor ini bertujuan untuk mendorong pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan, maka pemerintah secara berjenjang dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi hingga Tingkat Nasional memberikan penghargaan kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri merintis jalan melakukan trobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah.

BACA JUGA  Sekda Kalbar Minta Para Pelaku Usaha Urus KKPRL Jika Memanfaatkan Ruang Laut

“Pada seleksi di tingkat kabupaten/kota ada 27 orang peserta, untuk seleksi di tingkat provinsi saat ini menjadi 20 orang peserta, dan di tingkat nasional nanti akan dikirim 5 orang pemuda pelopor terbaik dari 5 bidang,” jelas Kadis Windy Prihastari.

Selain itu, Kadisporapar Windy juga menyebutkan salah satu prestasi yang dicapai oleh Pemuda Pelopor asal Kalbar yaitu berupa Penghargaan Kalpataru yang  diterima oleh Rudy Hartono Pemuda Pelopor 2020, yang mana juga merupakan peraih Peringkat II Nasional 2020.

Usai membuka kegiatan, Sekda Harisson bersama Kadisporapar Windy Prihastari melakukan peninjauan ke stan pameran produk para peserta pemilihan pemuda pelopor Kalbar 2022.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

BMKG: Hujan Berpotensi Mengguyur Sejumlah Wilayah di Riau

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Riau, Rabu (22/6/2022). Forecaster On Duty...

Hukum

Polis Ungkap Tersangka yang Tunggangi Insiden Bentrok di Desa Terantang Kampar

Polisi mengungkap tersangka otak di balik insiden bentrok antara sejumlah oknum preman bayaran dengan petani sawit di Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau,...