Selandia Baru Mencatat Pemutihan Spons Laut Terbesar yang Pernah Ada

Selandia Baru mengalami pemutihan spons laut terbesar yang pernah tercatat, kata para ilmuwan, setelah suhu laut yang ekstrem mengubah jutaan makhluk air menjadi putih.

Penemuan ini muncul setelah para peneliti membunyikan alarm pada bulan Mei , ketika spons laut di lepas pantai selatan Selandia Baru ditemukan memutih untuk pertama kalinya.

Awalnya, para peneliti memperkirakan ratusan ribu spons telah diputihkan – tetapi selama sebulan terakhir, para ilmuwan melakukan penyelidikan di garis pantai di seluruh negeri, dan menemukan bahwa jutaan – mungkin puluhan juta – telah berubah menjadi putih tulang.

“Sejauh yang kami ketahui, ini adalah skala terbesar dan jumlah spons laut terbesar yang memutih dalam satu peristiwa yang telah dilaporkan di mana pun di dunia … tentu saja di perairan dingin,” kata ahli ekologi kelautan Universitas Victoria Prof James Bell.

spons laut
Sekelompok spons yang diputihkan difoto oleh para peneliti. Photo: Profesor James Bell

Ketika anggota tim Bell pertama kali melihat peristiwa pemutihan pada bulan Mei di Fiordland, mereka mengabarkan kepada departemen konservasi dan kapal sewaan lainnya di sekitar wilayah tersebut untuk melihat apakah itu terlihat di Sounds lainnya.

“Mereka cukup banyak melaporkan pemutihan ke mana pun mereka pergi,” katanya. Tim sekarang percaya “setidaknya ada jutaan spons, mungkin jutaan spons yang telah mengalami pemutihan ini”.

Spons laut, seperti karang, bergantung pada organisme simbiosis yang berfotosintesis di dalamnya, menyediakan makanan untuk spons dan terkadang menghalangi pemangsa.

Meskipun pemutihan tidak serta merta membunuh spons laut , tetapi juga mengusir organisme tersebut – menurunkan pertahanan kimiawi spons dan merampas makanan mereka. Sementara beberapa spesies dapat pulih dari pemutihan parah, Bell mengatakan yang lain tidak.

Ahli kelautan Universitas Otago Dr Robert Smith mengatakan dua gelombang panas laut di Selandia Baru telah menciptakan rekor suhu laut – di beberapa daerah naik hingga lima derajat lebih panas dari biasanya.

BACA JUGA  Akhirnya 2 Pencuri Motor Milik Petugas Kebersihan di Medan Dapat Dibekuk

“Di batas utara dan selatan Selandia Baru, kami telah melihat gelombang panas laut terpanjang dan terkuat dalam 40 tahun, sejak pengukuran suhu laut berbasis satelit dimulai pada 1981,” katanya.

Smith mengatakan di beberapa daerah, gelombang panas laut telah dimulai pada September tahun lalu, dan baru saja berakhir – berlangsung selama 213 hari.

“Melihat suhu hangat yang luar biasa ini bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah aspek yang benar-benar tidak biasa,” kata Smith.

“Beberapa organisme akan baik-baik saja dengan satu hari atau satu minggu di atas suhu rata-rata – tetapi begitu Anda mulai mengumpulkan sengatan panas itu … kita akan mulai benar-benar merasakan efeknya.”

Smith mengatakan bahwa menghubungkan setiap peristiwa gelombang panas dengan krisis iklim buatan manusia itu sulit, tetapi suhu laut meningkat di seluruh dunia.

“Apa yang dapat kami katakan adalah bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam frekuensi, durasi, dan intensitas gelombang panas laut secara global selama satu abad terakhir,” katanya – dan bahwa proyeksi menunjukkan gelombang panas tersebut semakin ekstrem dan lebih lama di masa depan.

“Apa yang kita lihat sekarang adalah jendela tentang seperti apa lautan kita bagi anak-anak dan cucu-cucu kita.”

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Beberapa Hari Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, hal ini membuat sejumlah wilayah di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tergenang banjir setinggi...

Hukum

Ayah 70 Tahun di Makassar Bunuh Anak Kandung, Ternyata ini Motifnya

Seorang ayah yang telah lanjut usia memukul anak kandung menggunakan balok kayu hingga tewas. Kejadian ini memuat gempar warga Jalan Sinassara, Kelurahan Kaluku Bodoa,...