Sejumlah Anggota Linmas Melakukan Simulasi Pemadaman Api di Kupang

Anggota Pelindungan Masyarakat (Linmas) di Kupang mengikuti simulasi pemadaman api. Mereka juga diberikan materi tentang pengenalan alat pemadam kebakaran dan juga prosedur penggunaan alat pemadam kebakaran.

Kegiatan simulasi ini berlangsung di halaman depan Kantor walikota Kupang yang diselenggarakan oleh Satuan Pol PP Kota Kupang dengan nama kegiatan, perlindungan masyarakat dalam rangka pencegahan gangguan ketentraman ketertiban umum melalui deteksi dini, cegah dini dan penanggulangan bencana kebakaran bagi anggota satuan linmas.

Anggota linmas ini diberi pemahaman tentang alat pemadam kebakaran dan cara penggunaannya. Penyampaian materi dilakukan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDM Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Frids Kodji.

Saat itu Frids salah seorang anggota menjelaskan soal alat pemadam api ringan atau Apar atau (Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher serta cara kerja atau penggunaannya.

Anggota linmas diajari petunjuk penggunaan Apar, yakni : Pertama menjaga jarak yang aman saat hendak menggunakan Apar untuk memadamkan kebakaran. Kedua mencabut ring pengaman.

Ketiga mencabut nosel atau selang dengan posisi selang diarahkan ke atas, kemudian mengecek tekanan Apar dan menuju sumber api untuk melakukan pemadaman. Setelah penjelasan, Frids meminta linmas satu per satu mempraktekkan cara penggunaan Apar.

Sementara alat kedua untuk pemadaman kebakaran, yakni menggunakan handuk basah. Frids juga memberikan penjelasan dan langkah-langkah menggunakan handuk untuk mematikan api.

Usai penjelasan, Frids lebih dahulu memperagakan atau memberi contoh cara memadamkan api dengan handuk basah, kemudian barulah diminta sejumlah linmas untuk mematikan api.

Sementara itu, sosialisasi atau mensimulasikan cara memadamkan api, yakni mulai dari teori sampai simulasi cara pemadaman kebakaran saya apresiasi anggota linmas bisa mengikutinya.

“Diharapkan apa yang sudah diterima ini bisa disampaikan juga kepada masyarakat. Paling tidak disampaikan ke tetangga ataupun keluarga dari linmas,” kata Frids.

BACA JUGA  Jembatan Mangkurawang Dicat Kuning Oleh Masyarakat di Kukar

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada Satuan Pol PP Kota Kupang, Dus mengatakan, setiap tahun Satpol PP Kota Kupang melakukan kegiatan dengan tujuan memaksimalkan potensi linmas.

“Kita bekali anggota linmas dengan pengetahuan deteksi dini, cegah dini dan penanggulangan bencana kebakaran. Kita lihat menggunakan alat sederhana yakni dengan  Apar dan handuk, tapi mampu dilakukan oleh linmas secara baik,” kata Dus.

Sabdy salah satu peserta mengatakan, pelatihan penanggulangan bencana kebakaran itu sangat baik.

“Ini satu ilmu yang kami peroleh, yakni memadamkan api baik dengan Apar maupun handuk basah,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Anggota Satpol PP Karawang Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon

AS (38) tahun, Seorang anggota Satpol PP Karawang yang ditemukan tewas gantung diri usai bertengkar dengan sang istri, Minggu (2/10). Saat ditemukan, AS dalam posisi...

Hukum

Sadis! Puluhan Kucing Dibunuh di Pasar Tasikmalaya

Komunitas pecinta kucing Tasikmalaya meradang. Hal itu menyusul temuan pembantaian yang sadis terhadap puluhan ekor kucing di dua pasar yang ada di Kota Tasikmalaya,...

Iklan3