Sedang diet? Berikut 5 Alternatif Pasta dan Mi yang Rendah Karbohidrat

Pasta dan bakmi yang rendah karbohidrat mungkin jadi alternatif bagi Anda yang sedang diet. Karena seperti yang kita ketahui bahwa mi dan pasta merupakan makanan yang tinggi karbohidrat.

Dilansir dari VOI, berikut untuk yang sedang diet pasta dan mi yang bisa Anda jadikan alternatif.

  1. Sayuran spiral

Bahkan mi yang berbahan sayuran tetapi dipotong spiral ini tidak mengandung karbohidrat sederhana. Kandungan karbohidrat kompleks beserta serat membantu Anda untuk membuat menu diet lebih variatif. Alat untuk membuat bakmi spiral dari sayuran ini disebut spiralizer. Hasil potongannya panjang menyerupai mi. Sayuran yang bisa dipilih untuk diolah antara lain zucchini, wortel, lobak, bit, dan mentimun.

  1. Lasagna terong

Terong lebih sering dikonsumsi sebagai sayuran. Dalam satu porsi terong atau 100 gram mengandung 9 gram karbohidrat. Terong juga merupakan sumber serat, vitamin K, tiamin, dan mangan. Mengutip Healthline, Jumat, 22 April, untuk menyiapkan lasagna terong, bisa dimulai dengan potong tipis memanjang. Kemudian olesi kedua sisinya dengan minyak, lalu panggang sampai irisan lembut berwarna keemasan. Terong panggang tersebut bisa sebagai alternatif pengganti pasta saat membuat lasagna.

  1. Shirataki

Mi shirataki berbentuk panjang, berwarna putih yang disebut juga dengan konjak atau bakmi ajaib. Shirataki rendah karbohidrat dan mengenyangkan sehingga populer dikenal oleh yang sedang berdiet. Anda bisa membelinya kering atau basah. Cara menyiapkan mudah, cukup buka kemasan dan bilas dengan baik di bawah air panas mengalir kemudian tambahkan saus pilihan Anda.

  1. Mi tahu

Bisa dibilang mi alternatif keempat ini sebagai variasi shirataki tradisional. Bakmi tahu terbuat dari campuran serat tahu dan glukomanan yang hanya mengandung sedikit kalori. Mi ini juga terjual siap dimasak, cara menyiapkannya sama seperti mi shirataki.

  1. Pasta rumput laut
BACA JUGA  Tips Agar Tidak Gerah Berhijab Pada Saat Cuaca Panas

Rumput laut segar setelah dipanen, kemudian dibilas, lantas dikeringkan. Begitulah cara mengolah rumput laut menjadi pasta dengan rasa yang lebih kaya. Meskipun rumput laut secara alami rendah kalori dan karbohidrat, ia mengandung tinggi mineral. Bahkan rumput laut merupakan sumber vitamin K, folat, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Untuk mengolahnya menjadi hidangan bertekstur seperti spaghetti atau fetuccine, Anda cukup merebusnya hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Kalau dikukus, mungkin akan memiliki tekstur lebih padat.

Berasal dari sayuran segar, merupakan alternatif pasta dan bakmi yang bisa dibuat di rumah. Selain mudah, sumber makanan ini kaya serat, vitamin, mineral, senyawa bermanfaat, dan tentu saja rendah karbohidrat.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pasutri Tewas Usai Tabrak Truk di Jalinbar

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Kotabatu, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat pada Minggu, 22 Mei 2022, sekitar 06.30 WIB....

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Rebutan Lahan Parkir di Pekanbaru, Pria Ancam Gunakan Sajam Diamankan

Seorang pria bernama Junadi Jufri (62) diduga melakukan pengancaman kepada  Rikardo (35) terkait lahan parkir di Jalan SM Amin tepatnya di Ayam Remuk Pak...

Hukum

Polisi Tangkap Pencuri Motor Ninja di Agam

Kasus pencurian sepeda motor kembali terjadi, Dua pencuri sepeda motor berhasil ditangkap oleh Jajaran Satreskrim Polres Bukittinggi. Kasatreskrim Polres Bukittinggi AKP Ardiansyah Rolindo mengatakan, ke...