SBY: Indonesia Bangsa Tangguh, Terbukti Saat Hadapi Tsunami 2004 dan Krisis 2008-2009

Presiden RI dua periode (2004-2014), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), turut memberikan testimoni dalam peringatan HUT ke-77 RI melalui video yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8).

SBY mengatakan Indonesia adalah bangsa yang tangguh dan pantang menyerah. “Bahwa bangsa Indonesia sejak era kemerdekaan hingga sekarang ini adalah bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat,” ucap SBY, dikutip dari kumparan.

Ada dua pengalaman yang dibagikan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu, yang membuktikan RI bangsa tangguh. Kedua pengalaman itu saat SBY menjabat sebagai presiden.

“Pertama adalah kebersamaan dan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana tsunami akhir 2004. Bencana terdahsyat di dunia di awal abad 21. Serta bencana-bencana lain seperti gempa Yogya dan gempa padang yang skalanya besar,” tuturnya.

SBY nostalgia, saat itu dia sebagai presiden menjalankan kepemimpinan dan manajemen krisis. Dia mencatat kebersamaan dan kerja keras bangsa Indonesia dulu sungguh luar biasa besarnya.

“Akhirnya alhamdulillah bencana bisa kita atasi dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali,” tuturnya.

Contoh kedua adalah ketika Indonesia terdampak oleh krisis ekonomi global tahun 2008 dan 2009 yang merontokkan ekonomi hampir semua negara.

“Lagi-lagi kita tidak panik, tidak kehilangan semangat dan kehilangan akal dan tidak menyalahkan keadaan,” katanya.

“Kita bersatu dan bekerja bersama, mulai dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku bisnis, para organisasi pekerja, pers dan media, dan masyarakat luas,” imbuhnya.

Dua contoh itu, kata SBY, bukti kebersamaan dan persatuan bangsa Indonesia yang menunjukkan daya juang. Ekonomi saat itu tumbuh rata-rata 6 persen dan kesulitan Indonesia berkurang signifikan.

BACA JUGA  Pipin Sopian: Pembahasan RUU IKN di Pansus DPR Ugal-ugalan

“Saya yakin generasi bangsa Indonesia mana pun akan tetap memiliki ketangguhan dan daya juang ini. Dirgahayu Indonesia!” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3