Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia di Kalbar Berhasil Menggagalkan 43 PMI Ilegal

Penyelundupan 43 orang pekerja imigran ilegal terjadi lagi di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kasus ini ada tujuh balita yang termasuk dengan rombongan tersebut.

Rombongan itu melintas di kebun sawit di Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan jalan tikus dari Indonesia menuju Malaysia.

Namun perjalanan mereka ke negeri jiran digagalkan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang sedang berpatroli.

“Kami menggagalkan 43 orang PMI beserta tujuh balita yang hendak ke Malaysia secara ilegal melalui kebun sawit dekat Pos Mentari Badau,” ujar Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Tarik Letkol Arm Edi Yulian dikutip dari kalbar.inews.id, Rabu (22/6/2022).

Edi menjelaskan, saat itu anggota Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Tarik yang bertugas di Pos Koki Mentari sedang patroli sekitar pukul 17.15 WIB.

Melihat ada rombongan yang melintas di jalur ilegal perbatasan, anggota Satgas Pamtas melakukan pemeriksaan. Saat itulah terungkap rombongan itu tak memiliki dokumen resmi untuk melintas ke negara tetangga.

“Saat ini PMI ilegal itu kami titipkan ke pihak Imigrasi Badau untuk proses lebih lanjut,” ungkap Edi.

Penyelundupan PMI ilegal ke Malaysia melalui jalur tikus ini ditangani oleh Polres Kapuas Hulu.

Dari informasi sementara diketahui PMI itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

“Kami sedang menunggu anggota di lapangan. Jika memang ditemukan melanggar hukum akan kami tindak,” kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Panggil Duta Besar, Estonia Protes ke Rusia Atas Pelanggaran Wilayah Udara

Estonia memanggil duta besar Rusia pada hari Selasa (21/6) untuk memprotes pelanggaran "sangat serius" atas wilayah udaranya oleh helikopter Rusia. Dikutip dari Reuters, Rabu (22/6)...

Hukum

Fredy Yohanes, Terdakwa Korupsi Izin Tambang di Bintan Akhirnya Ditahan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang akhirnya memutuskan untuk menahan terdakwa Fredy Yohanes. Fredy merupakan salah satu terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Izin Usaha...