Satgas Catat PMK di Kalteng Capai 739 Kasus

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F. Dirun mengatakan, situasi status Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sampai saat ini tercatat 739 kasus yang tersebar di 8 kabupaten atau kota.

“Pada 28 Juli 2022 tercatat yang sudah sembuh 342 kasus PMK, dilakukan potong paksa 382 kasus dan yang masih sakit 15 kasus, yaitu di Kabupaten Kobar 14 kasus dan di Kota Palangka Raya 1 kasus,” terang Katma saat mewakili Sekda Kalteng yang juga Ketua Satgas Penanganan PMK Kalteng, Nuryakin pada rapat koordinasi penanganan PMK di Kalteng, Jumat (29/7/2022).

Katma menyampaikan, Satgas Penanganan PMK Provinsi Kalimantan Tengah agar melakukan melakukan surveilans zero case di kabupaten yang sudah tidak ada laporan kasus aktif.

“Hal itu (surveilans zero case) dilakukan untuk membuktikan daerah tersebut sudah bebas dari virus ini sehingga dapat menjadi zona hijau kembali,” tegasnya, dikutip dari Infopublik.

Selain itu, ia membeberkan, saat ini prioritas untuk pelaksanaan vaksinasi yaitu pada sapi yang berjumlah 79.891 ekor, dengan perhitungan sampai dengan dosis 3, maka kebutuhan vaksin untuk Provinsi Kalimantan Tengah yaitu sebanyak 240.000 dosis.

Katma juga mengatakan, terkait dengan upaya percepatan penanganan kasus ini di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, ada beberapa langkah-langkah yang sudah pihaknya dilaksanakan antara lain, seperti Rapat-Rapat Koordinasi di tingkat Provinsi maupun rapat yang langsung dilaksanakan di tingkat Kabupaten.

Selain itu juga, membuat Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah ke Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah, pembentukan Pos Pengendali Lalu Lintas Hewan pada Batas Provinsi di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Timur, Percepatan pelaksanaan vaksinasi, percepatan pelaksanaan pengobatan, sosialisasi dan edukasi mengenai PMK dan juga kegiatan Disinfektan.

BACA JUGA  Pelaku Pembunuhan Terhadap Nenek Pemilik Losmen di Kotawaringin Timur Berhasil Ditangkap

“Sampai dengan saat ini, Kabupaten dan Kota yang sudah membentuk Satgas Penanganan PMK sebanyak enam, yaitu Pulang Pisau, Kotawaringin Barat, Barito Timur, Barito Selatan, Sukamara dan Kapuas, sedangkan lainnya masih proses,” katanya.

Sedangkan kabupaten atau kota yang sudah menetapkan Pecaju Otoritas Veteriner (POV) sebanyak empat, yaitu Kotawaringin Timur, Gunung Mas, Kapuas, dan Senayan, sedangkan lainnya masih proses.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3