Sasar Anak-anak, Pelaku Curanmor di Jakarta Barat Curi 68 Motor Setahun

Terkait kasus pencurian motor (curamor) dengan sasaran korban anak-anak di Jakarta Barat berhasil diungkap Polres Kalideres. Diketahui pelaku sudah mencuri 68 unit motor selama satu tahun beraksi.

“Dari keterangan pelaku, sudah ada 68unit motor jumlahnya yang sudah mereka jual. Sudah jalan satu tahun (beraksi),” terang Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar, Senin (20/6).

Syafri mengatakan pelaku menjual motor tersebut dengan harga Rp 5 juta. Rata-rata mereka jual kendaraan hasil curian ke wilayah Sumatera. Namun beberapa kali dijual dengan cara cash on delivery (COD).

“Harganya berkisar Rp 5 juta. Pelaku ini banyak membuang kendaraannya ke daerah Sumatera dan beberapa dijual melalui COD,” paparnya.

Syafri mengatakan pelaku mengelabui calon pembeli motor dengan STNK bodong. Disebutkan STNK tersebut didapat dari leasing yang ada di wilayah Jakarta.

“STNK ini, ini mereka dapatkan dari beberapa mungkin leasing dari beberapa wilayah Jakarta ini. Jadi memang yang sudah keluar asuransinya jadi nggak terpakai sehingga bisa sampai ke tangan-tangan mereka,” jelasnya.

Syafri mengatakan, sekilas STNK yang ada terlihat seperti asli. Namun, setelah dilakukan pengecekan, semuanya bodong dan sudah diblokir.

“Jadi, kalau dilihat dari STNK yang ada, ini asli sepintas. Tapi, setelah dibawa nanti ke Polda, baru ketahuan kalau ini bukan asli karena sudah terblokir semua,” ujarnya.

Hingga kini total ada enam tersangka yang ditangkap dalam kasus ini. Selain Zulkipli sebagai dalang, lima di antaranya adalah ER dan DS, berperan sebagai eksekutor. Sedangkan tiga pelaku lainnya, STR, PF, dan MR, berperan sebagai penadah.

Pelaku disangkakan Pasal 480 KUHP atau Pasal 481 KUHP karena tindakannya sudah dilakukan berulang kali dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.(Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

NASA Ambil Tindakan Darurat Terhadap ISS

Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA terpaksa mengambil tindakan darurat terhadap Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk dapat menghindari puing-puing luar angkasa yang menujuke...

Hukum

Warga dan Pengantar Jenazah Bentrok di Makassar, 4 Orang Diamankan untuk Diperiksa

Viralnya vidio bentrok antara rombongan pengantar jenazah dengan warga di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam hal ini polisi bergerak...