Reykjavik : Gunung Berapi Meletus di Dekat Ibu Kota Islandia

Sebuah gunung berapi meletus di sebuah gunung di dekat ibu kota Islandia, Reykjavik, setelah berhari-hari aktivitas gempa meningkat di daerah itu, kata Kantor Meteorologi Islandia (IMO), Rabu.

Gambar dan siaran langsung oleh outlet berita lokal MBL dan RUV menunjukkan lava dan asap menyembur dari celah di tanah di sisi gunung Fagradalsfjall, yang tahun lalu  letusan berlangsung selama  enam bulan.

Turis dan penduduk harus menghindari daerah itu karena gas beracun, meskipun tidak ada risiko kerusakan infrastruktur kritis, kata Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat dalam sebuah pernyataan.

Sebuah “kode merah” dikeluarkankan untuk melarang pesawat terbang di atas lokasi, termasuk helikopter yang dikirim untuk mengamati situasi, kata IMO seperti dikutip Reuters.

Reykjavik
Lava keluar dari celah dekat gunung berapi Fagradalsfjall, Reykjavik, Islandia dalam tangkapan layar ini diperoleh dari video yang diambil pada 3 Agustus 2022. Photo: Ernir Snaer via Reuters

Apabila bencana itu dipastikan mirip dengan peristiwa pada celah yang terlihat tahun lalu, peringatan penerbangan kemungkinan akan diturunkan menjadi oranye, menandakan lebih sedikit bahaya, kata juru bicara agensi.

“Saat ini, tidak ada gangguan pada penerbangan ke dan dari Islandia dan koridor penerbangan internasional tetap terbuka,” kata kementerian luar negeri negara itu dalam sebuah pernyataan.

Semenanjung Reykjanes adalah titik panas vulkanik dan seismik, dan peristiwa itu terjadi hanya 25 km dari Reykjavik dan 15 km dari bandara internasional negara itu.

Reykjavik
Lava keluar dari celah dekat gunung berapi Fagradalsfjall, Reykjavik, Islandia dalam tangkapan layar ini diperoleh dari video yang diambil pada 3 Agustus 2022. Ernir Snaer via REUTERS

Pada bulan Maret tahun lalu, air mancur lava meletus secara spektakuler di daerah itu dari celah sepanjang 500 hingga 750 meter, berlanjut hingga September dan menarik ribuan orang Islandia dan turis ke tempat kejadian.

Tidak seperti letusan tahun 2010 gunung berapi Eyjafjallajokull yang tertutup es, yang menghentikan sekitar 100.000 penerbangan dan memaksa ratusan warga Reykjavik meninggalkan rumah mereka, letusan ini diperkirakan tidak akan memuntahkan banyak abu atau asap ke atmosfer.

Terletak di antara lempeng tektonik Eurasia dan Amerika Utara, salah satu yang terbesar di planet ini, Islandia sering mengalami gempa bumi dan memiliki aktivitas vulkanik yang tinggi karena kedua lempeng bergerak berlawanan arah.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6