Review Film The Mauritanian: Perjuangan Minoritas Melawan Diskriminasi

Sutradara Kevin Macdonald mengarahkan sebuah film drama hukum berjudul The Mauritanian. Film ini memiliki sisi penceritaan yang berani dan diperankan oleh sederet bintang Hollywood kenamaan.

Kisah nyata dihadirkan Film The Mauritanian yang menceritakan Mohamedou Ould Slahi (Tahar Rahim) yang dipenjara tanpa tuduhan oleh pemerintah AS. Ia tidak tahu dan tidak pernah diberitahu mengapa ia dipenjara.

Suatu hari, Nancy Hollander (Jodie Foster) dan Teri Duncan (Shailene Woodley) ingin memperjuangkan hak Slahi. Mereka mempertanyakan pemerintah AS soal keadilan hukum.

Di sisi lain, Letnan Kolonel Stuart Couch (Benedict Cumberbatch) seorang jaksa militer yang tergerak untuk mencari tahu kebenaran di balik keberadaan Slahi di penjara. Namun perjalanan itu tidak mudah lantaran Slahi tidak banyak berinteraksi dengan orang lain. Apa yang sebenarnya terjadi?

The Mauritanian menampilkan cerita dengan isu sensitif yaitu berkaitan dengan peristiwa 9/11 WTC. Kejadian tersebut menimbulkan luka dan mengubah hidup para muslim di Amerika.

Dengan durasi yang panjang, The Mauritanian tidak menimbulkan drama berlebihan namun ada banyak sudut pandang yang imbang antara keduanya. Setidaknya ada empat pemeran utama yang hadir dengan perspektif berbeda sehingga membuat film ini adil.

Isu yang juga berat turut memperlihatkan perjuangan hak seorang manusia. Penampilan Tahar Rahim sebagai pemeran utama digambarkan seseorang yang clueless dan melewati berbagai tahap dalam hidup hingga ia menemukan kedamaian.

Selain itu, visual The Mauritanian sangat meledak dalam menampilkan cerita Slahi. Mulai dari apa yang ia hadapi di penjara hingga adegan wawancara dengan Nancy Hollander.

The Mauritanian memang bukan tontonan yang mudah dinikmati tapi menontonnya bisa menjadi sebuah pelajaran baru. Ini memperlihatkan perjuangan seorang manusia untuk hidup dengan idealisme dan melawan suara publik.

BACA JUGA  Persidangan Johnny Depp dan Amber Heard Kembali Berlanjut

Film The Mauritanian mendapat apresiasi positif ketika dirilis pada tahun 2021 di Amerika Serikat. Film ini juga menerima dua nominasi Golden Globe (Foster memenangkan satu penghargaan) dan lima nominasi di British Academy Film.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3