Restoran Dalam Gua Resmi Ditutup Satpol PP Badung

Restoran yang berada di dalam gua di di Jalan Goa Lempeh, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan tepatnya di bawah hotel The Edge. The Cave resmi operasionalnya dihentikan Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP Badung), pada Selasa 19 Juli 2022 kemarin.

Penghentian operasional restoran tersebut dilakukan setelah Satpol PP turun langsung meninjau kondisinya. Tidak hanya itu, penghentian operasional dilakukan lantaran tidak memiliki izin terkait penggunaan gua tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, saat dikonfirmasi mengakui jika dirinya tidak ingin menilai sesuatu yang belum pernah dilihat. Atau hanya berdasarkan laporan laporan saja. Sehingga pihaknya pun langsung turun memantau restoran yang ada di dalam gua tersebut.

“Kami memang mendapatkan informasi restoran dalam gua ini, dari media sosial.

Sebelum menilai, makanya kami pastikan untuk turun ke lokasi,” ujar I Gusti Agung Ketut Suryanegara.

Pada saat turun ke lokasi, pihak Satpol PP Badung mengaku bersama instansi terkait yang membidangi. Baik itu terkait dengan alam untuk aua, ataupun terkait dengan per izinan dan juga dari konstruksi saat mendatangi lokasi restoran yang dimaksud.

“Yang pasti dari peninjauan itu, kesimpulan yang diambil, untuk kegiatan restoran The Cave, dihentikan sementara.

Hal itu dilakukan, pasalnya kami ingin mendapatkan kajian yang jelas dari instansi khususnya balai budaya apakah gua ini kategori alam atau cagar budaya,” katanya.

Pihaknya berharap, dalam waktu dekat segera dikeluarkan rekomendasi. Kalau gua itu merupakan cagar budaya, artinya masyarakat publik, juga bisa ikut terlibat.

“Jadi kalau memang itu cagar budaya, tentunya ini merupakan peninggalan purbakala yang boleh dan menjadi kewajiban negara untuk menjaga kelestariannya. Kalaupun itu nantinya murni bentukan alam. Maka dari itu kita ingin adanya kepastian, baik itu per izinan maupun dari segi keamanan,” tegas I Gusti Agung Ketut Suryanegara.

BACA JUGA  Curi Rp 150 Juta, Seorang Pelaku di Lampung Utara Ditangkap

Gua ini lokasinya di ada dalam area privat. Sehingga hal ini juga menjawab, kenapa masyarakat di sekitar lokasi, tidak mengetahui keberadaan gua tersebut.

“Lokasi gua ini di tengah tanah yang berdiri hotel The Edge, dan berada di areal private. Sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat sekitar,” jelasnya.

Menurut informasi yang didapat, gua tersebut ditemukan, saat dilakukan penataan lahan. Sebelum pembangunan hotel di tempat tersebut.

Kemungkinan, kata dia, gua ini langsung dimanfaatkan untuk dijadikan restoran. Kendati demikian, pihaknya mengaku kalau manajemen restoran itu menyebutkan restoran tersebut baru dibuka awal tahun 2022.

Namun selaku penegak perda di Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengharapkan agar ada kepastian hukum terkait bagaimana per izinan di tempat usaha tersebut.

Sehingga kesimpulannya, adalah menghentikan sementara kegiatan restoran The Cave. Sampai dengan ada kepastian hukum, apakah dari perizinan, lingkungan hidup, sampai balai budaya, menyatakan itu memang layak untuk digunakan.

“Tapi kalau nanti rekomendasinya tidak layak dan tidak diperbolehkan, maka dipastikan itu tidak boleh.

Untuk memastikan kalau lokasi ini ditutup sementara, kami akan segera memasang garis larangan, agar tidak ada aktivitas di sana. Gua tersebut berukuran 12 m² dan kedalaman diperkirakan 10 meter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3