Rawan Kebakaran Lahan Paling Rawan Terjadi di Kecamatan Kubu Bali

Bencana kebakaran lahan paling rawan terjadi di wilayah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Pernah terjadi sebelumnya pada lahan seluas 3 hektar hangus terbakar milik I Nyoman Mangku Miarti dan I Wayan Karta di Desa Tulamben, Kubu.
Umumnya tidak menimbulkan kerugian materi, penanganan kebakaran lahan di Kubu kerap menjadi masalah. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah membenarkan bahwa Kecamatan Kubu menjadi wilayah paling rawan mengalami kebakaran lahan.
Berdasarkan data tahun 2021, kebakaran lahan di Kecamatan Kubu tercatat sebanyak 15 kasus.

“Hal tersebut karena sebagian besar wilayah yang ada di Kecamatan Kubu tempatnya kering. Sehingga sedikit saja terkena percikan api maka akan langsung terjadi,” kata Siki Ngurah.

Kendala yang dihadapi saat terjadi insiden tersebut adalah proses penangannya, Terlebih, belum adanya pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Kubu. Penanganannya harus ditangani oleh pos Damkar Kota yang jaraknya cukup jauh dari Kubu.

“Jika terjadi di wilayah Kecamatan Kubu, kita tidak bisa melakukan respon time kebakaran yaitu 15 menit. Karena jarak dari Kota Amlapura menuju Kecamatan Kubu itu lumayan jauh,” kata Siki Ngurah.

Siki Ngurah berharap, ke depan bisa dibangun satu unit pos Damkar di wilayah Kecamatan Kubu agar penanganan kebakaran bisa segera dilakukan. Terlebih ketika memasuki bulan Agustus sampai September yang diprediksi menjadi puncak musim panas dan sangat rawan terjadi.

“Kita terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat dengan mendatangi langsung wilayah yang selama ini cukup rawan terjadi kebakaran,” kata Siki Ngurah.

Ia menambahkan, pihaknya terus mengedukasi masyarakat terkait rawannya kebakaran lahan kering saat musim kemarau. Oleh karenanya, warga diminta untuk lebih berhati-hati dengan percikan api yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Termasuk dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun melakukan pembakaran sampah.

BACA JUGA  Heboh! Menag Bandingkan Aturan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3