Rawan Kebakaran Lahan Paling Rawan Terjadi di Kecamatan Kubu Bali

Bencana kebakaran lahan paling rawan terjadi di wilayah Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Pernah terjadi sebelumnya pada lahan seluas 3 hektar hangus terbakar milik I Nyoman Mangku Miarti dan I Wayan Karta di Desa Tulamben, Kubu.
Umumnya tidak menimbulkan kerugian materi, penanganan kebakaran lahan di Kubu kerap menjadi masalah. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah membenarkan bahwa Kecamatan Kubu menjadi wilayah paling rawan mengalami kebakaran lahan.
Berdasarkan data tahun 2021, kebakaran lahan di Kecamatan Kubu tercatat sebanyak 15 kasus.

“Hal tersebut karena sebagian besar wilayah yang ada di Kecamatan Kubu tempatnya kering. Sehingga sedikit saja terkena percikan api maka akan langsung terjadi,” kata Siki Ngurah.

Kendala yang dihadapi saat terjadi insiden tersebut adalah proses penangannya, Terlebih, belum adanya pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Kubu. Penanganannya harus ditangani oleh pos Damkar Kota yang jaraknya cukup jauh dari Kubu.

“Jika terjadi di wilayah Kecamatan Kubu, kita tidak bisa melakukan respon time kebakaran yaitu 15 menit. Karena jarak dari Kota Amlapura menuju Kecamatan Kubu itu lumayan jauh,” kata Siki Ngurah.

Siki Ngurah berharap, ke depan bisa dibangun satu unit pos Damkar di wilayah Kecamatan Kubu agar penanganan kebakaran bisa segera dilakukan. Terlebih ketika memasuki bulan Agustus sampai September yang diprediksi menjadi puncak musim panas dan sangat rawan terjadi.

“Kita terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat dengan mendatangi langsung wilayah yang selama ini cukup rawan terjadi kebakaran,” kata Siki Ngurah.

Ia menambahkan, pihaknya terus mengedukasi masyarakat terkait rawannya kebakaran lahan kering saat musim kemarau. Oleh karenanya, warga diminta untuk lebih berhati-hati dengan percikan api yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Termasuk dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun melakukan pembakaran sampah.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Cemas Berlebihan Menghadapi Masa Depan

Masa depan penuh dengan ketidakpastian. Kita tak bisa benar-benar tahu dengan pasti hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada yang mungkin akan berhasil, tetapi...

Peristiwa

Seorang Wanita Ingin Bunuh Diri di Kupang Berhasil Digagalkan Warga

Seorang wanita ingin bunuh diri di Jembatan Liliba Kota Kupang pada Kamis (11/8/2022) namun berhasi digagalkan warga setempat. Warga yang melintas di Jembatan Liliba dan...

Hukum

Ferdy Sambo: Saya Meminta Maaf Beri Informasi Tidak Benar

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo meminta maaf kepada masyarakat luas dan pihak-pihak terkait yang terdampak masalah yang dihadapinya. Sambo mengakui telah...

Iklan 6