Rakyat Sri Lanka Menunggu Pengunduran Diri Presiden

Warga Sri Lanka menunggu pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa pada Kamis (14/7), sehari setelah ia melarikan diri ke Maladewa untuk menghindari pemberontakan rakyat akibat krisis ekonomi yang dianggap adalah karena salah urus pemerintahannya.

Rajapaksa diperkirakan selanjutnya menuju ke Singapura dari Maladewa meskipun tujuan akhirnya tidak jelas. Keputusannya pada hari Rabu untuk menjadikan sekutunya Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe sebagai penjabat presiden memicu lebih banyak protes, dimana para demonstran menyerbu kantor perdana menteri menuntut agar dia mundur juga.

Rajapaksa telah berulang kali meyakinkan ketua parlemen bahwa dia akan mengundurkan diri pada hari Rabu, tetapi surat pengunduran dirinya belum tiba pada Kamis pagi, kata seorang pembantu Ketua Mahinda Yapa Abeywardena.

Sumber rumah sakit mengatakan sedikitnya 45 orang dirawat di rumah sakit menyusul bentrokan antara polisi anti huru hara dan pengunjuk rasa pada Rabu malam di dekat gedung parlemen, ketika orang-orang menuntut penggulingan Rajapaksa dan Wickremesinghe.

Media lokal mengatakan seorang pengunjuk rasa berusia 26 tahun yang dirawat di rumah sakit setelah terkena gas air mata meninggal karena kesulitan bernapas.

“Beberapa pengunjuk rasa yang berkumpul di luar gedung parlemen kini telah bubar,” kata juru bicara polisi Nalin Thalduwa kepada Reuters. “Daerah itu sekarang tenang.”

sri lanka
Demonstran berkumpul di luar kantor Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, di tengah krisis ekonomi negara itu, di Kolombo, Sri Lanka 13 Juli 2022. Photo: Reuters/Adnan Abidi

Dia mengaku belum mendapat informasi berapa banyak yang dirawat di rumah sakit.

Jam malam yang diberlakukan oleh penjabat presiden berakhir pada Kamis pagi tanpa penangkapan, kata Thalduwa.

Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya meninggalkan bandara internasional utama dekat Kolombo dengan pesawat angkatan udara pada Rabu pagi. Media Maladewa mengatakan dia sekarang sedang menunggu jet pribadi untuk terbang ke Singapura.

Parlemen Sri Lanka diperkirakan akan menunjuk presiden sementara minggu depan, dan sumber partai yang berkuasa mengatakan kepada Reuters bahwa Wickremesinghe adalah pilihan pertama partai tersebut, meskipun belum ada keputusan yang diambil.

BACA JUGA  Penumpang yang Hilang di Perairan Pulau Teor, Maluku Belum Ditemukan

Protes terhadap krisis ekonomi terburuk Sri Lanka sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948 membara selama berbulan-bulan dan memuncak akhir pekan lalu ketika ratusan ribu orang mengambil alih gedung-gedung pemerintah di Kolombo, menyalahkan Rajapaksa dan sekutu mereka atas inflasi yang tak terkendali, kekurangan dan korupsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3