Puluhan Warga Gelar Unjuk Rasa Tolak Tambang Batu Bara Ilegal di Sumber Sari

Aksi unjuk rasa di gelar oleh puluhan warga yang merupakan perwakilan empat desa di Kecamatan Loa Kulu dan Tenggarong yang merupakan lokasi tambang batu bara ilegal di Desa Sumber Sari, Loa Kulu, Rabu (3/8/2022).

Warga yang terdiri dari Desa Sepakat, Desa Ponoragan, Desa Sumber Sari, dan Kelurahan Bukit Biru ini menolak aktivitas tambang karena mencemari Sungai Pelay, yang digunakan sebagai satu-satunya sumber pengairan pertanian.

“Kami (Pemdes Sumber Sari) dengan warga tentunya tidak terima dengan adanya (pertambangan, Red) ini. Kami bersepakat dengan warga menolak segala aktivitas tambang yang ada di Desa Sumber Sari,” ucap Kades Sumber Sari dilansir dari korankaltim.com, Sutarno, Rabu (3/8/2022).

Desa Sumber Sari saat ini merupakan salah satu lumbung pangan dan ditetapkan sebagai pengembangan kawasan penanaman padi. Sumber Sari juga, merupakan desa wisata yang telah ditetapkan pada 2013 oleh Pemerintah Kabupaten Kukar.

“Kenapa masyarakat begitu bergejolak karena ini satu-satunya sumber air. Kalau di sini ditambang otomatis limbah itu akan mengalir ke Sungai pelay dan itu akan berimbas ke Desa Sumber Sari ke Desa Ponoragan dan Desa Sepakat yang merupakan kawasan penghasil ikan,” tuturnya.

Saat aksi siang tadi, tidak ditemukan aktivitas di lokasi pertambangan diduga ilegal itu. Padahal beberapa hari sebelumnya, ada banyak truk dan alat berat.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6