Puluhan Warga Gelar Unjuk Rasa Tolak Tambang Batu Bara Ilegal di Sumber Sari

Aksi unjuk rasa di gelar oleh puluhan warga yang merupakan perwakilan empat desa di Kecamatan Loa Kulu dan Tenggarong yang merupakan lokasi tambang batu bara ilegal di Desa Sumber Sari, Loa Kulu, Rabu (3/8/2022).

Warga yang terdiri dari Desa Sepakat, Desa Ponoragan, Desa Sumber Sari, dan Kelurahan Bukit Biru ini menolak aktivitas tambang karena mencemari Sungai Pelay, yang digunakan sebagai satu-satunya sumber pengairan pertanian.

“Kami (Pemdes Sumber Sari) dengan warga tentunya tidak terima dengan adanya (pertambangan, Red) ini. Kami bersepakat dengan warga menolak segala aktivitas tambang yang ada di Desa Sumber Sari,” ucap Kades Sumber Sari dilansir dari korankaltim.com, Sutarno, Rabu (3/8/2022).

Desa Sumber Sari saat ini merupakan salah satu lumbung pangan dan ditetapkan sebagai pengembangan kawasan penanaman padi. Sumber Sari juga, merupakan desa wisata yang telah ditetapkan pada 2013 oleh Pemerintah Kabupaten Kukar.

“Kenapa masyarakat begitu bergejolak karena ini satu-satunya sumber air. Kalau di sini ditambang otomatis limbah itu akan mengalir ke Sungai pelay dan itu akan berimbas ke Desa Sumber Sari ke Desa Ponoragan dan Desa Sepakat yang merupakan kawasan penghasil ikan,” tuturnya.

Saat aksi siang tadi, tidak ditemukan aktivitas di lokasi pertambangan diduga ilegal itu. Padahal beberapa hari sebelumnya, ada banyak truk dan alat berat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3