Puluhan Petani Sawit di Mukomuko Diamankan Polisi, Ini Kasusnya

Sebanyak 40 anggota Perkumpulan Petani Pejuang Bumi Sejahtera (PPPBS) Kecamatan Malin Deman, Mukomuko, Bengkulu ditangkap Polda Bengkulu pada Kamis (12/5).

Manager Program dan Strategi Akar Foundation, Dinar menerangkan 40 petani itu ditangkap saat sedang memanen buah sawit di lahan yang tengah mereka garap.

“Lahan yang mereka garap adalah lahan yang saat ini masih dalam upaya penyelesaian konflik dengan perusahaan PT Daria Dharma Pratama (DDP),” ujar Dinar, Jumat (13/5).

Dinar mengatakan dalam penangkapan itu polisi melakukan tindakan represif terhadap 40 anggota PPPBS dan masyarakat di sekitar lahan yang sedang mereka garap.

“Dengan melakukan penangkapan dan pemukulan,” paparnya.

Atas tindakan tersebut, dikatakan Dinar satu petani mengalami luka robek bagian kepala.

Selain itu, polisi juga diduga melakukan tindakan represif kepada 34 orang petani lainnya seperti menelanjangi setengah badan, mengikat tangan para petani menggunakan tali plastik, dan menyita ponsel genggam milik mereka.

Dinar berujar ke-34 orang petani tersebut kemudian dibawa ke Polres Mukomuko Setalan.
Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno menyampaikan 40 orang petani itu ditangkap karena melakukan pencurian di lahan milik PT Daria Dharma Pratama (DDP).
Ia mengatakan penangkapan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) saat 40 orang petani itu melakukan pencurian.
“Kita mengamankan 40 orang sesuai SOP dan tidak ada tindakan diluar SOP dengan melakukan tindakan seperti memukul,” kata Sudarno.

“Mana ada aparat menyerang masyarakat,” ujarnya.

Sudarno mengatakan kondisi terkini para petani yang telah berhasil pihaknya amankan. Ia menyebut 40 petani itu dalam kondisi baik. Saat ini mereka sedang dalam pemeriksaan pihak kepolisian.

“Baik-baik semua, dan masih proses pemeriksaan,” singkatnya. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Mandi di Sungai Sumenep, 2 Remaja Tewas Tenggelam

Peristiwa naas terjadi, Dua remaja ditemukan tewas tenggelam di sebuah sungai di Sumenep. Kedua korban diduga tak bisa berenang saat mandi bersama teman-temannya menjelang...

Hukum

14 Wanita Pemandu Karaoke di Pasaman Barat Diamankan Satpol PP

Sebanyak 14 orang perempuan yang bekerja sebagai pemandu karaoke di tiga kafe berhasil diamankan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). "Kita...