Protes Terkait Pungli, Video Warga Binaan Demo di Lapas Parepare Viral

Beredar di media sosial video warga binaan berdemo di Lembaga Permasyarakatan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Diduga penyebab mereka melakukan demostrasi karena masalah pungli.

Dalam video berdurasi 1 menit 35 detik itu memperlihatkan warga binaan yang prote diduga mengambil pungutan biaya kepada para warga binaan.

Kasimin Kamtib Lapas Kota Parepare mengatakan, Andi Baso mengatakan, demo itu berawal dari karena seorang warga binaan yang hendak keluar membesuk anaknya. Saat upaya itu sempat terkendala karena tidak melengkapi prosedur.

Namun, keesok harinya warga binaan tersebut diizinkan membesuk anaknya karena sudah ada penjamin.

“Pada hari itu ada yang memohon untuk keluar ingin membesuk anaknya yang sedang sakit, tapi itu belum memenuhi prosedur,” ungkap Andi Baso dilansir dari sulsel.inews.id, Senin (1/8/2022).

“Jadi ada prosedur administrasi, ada penjaminnya. Pada saat itu diusahakan sampai tertunda keesok harinya. Setelah lengkap besoknya langsung diizinkan menengok anaknya,” lanjutnya.

Terkait dugaan pungli, Andi menegaskan jika terbukti ada, maka pelaku akan disanksi. Namun, sejauh ini dia memastikan pungli di lapas itu tindakan dilarang.

“Soal pungli itu sudah jelas tidak boleh dan itu ada sanksi jika bisa dibuktikan,” ungkap Andi.

Sementara Kalapas Parepare yang hendak di konfirmasi tidak berada di lokasi karena sedang di luar kota. Pihak lapas belum melakukan tindak lanjut atas video yang beredar tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3