Polisi Gadungan Ditangkap di Puncak Bogor

Seorang pemuda yang mengaku sebagai polisi ditangkap Satlantas Polres Bogor saat melintas di Jalan Raya Puncak, Bogor. Dari hasil pemeriksaan, pemuda yang berinisial HZ itu adalah seorang mahasiswa.

“Iya benar, tadi ada satu orang yang kita amankan karena mengaku-aku sebagai anggota Polri. Kejadiannya tadi di Puncak,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, Kamis (12/5).

Dicky menjelaskan HZ memakai jaket bertulisan ‘Polisi’. HZ juga sempat mengaku sebagai polisi ketika diminta menunjukkan identitasnya.

Kesalahannya tadi adalah dia (HZ) menggunakan atribut polisi, kemudian ketika kita mintai data, dia mengaku sebagai polisi. Dia pakai baju seperti polisi, kemudian jaket bertuliskan polisi, kemudian ada tulisan Polresta Bogor Kota juga,” lanjutnya.
HZ ditangkap setelah anggota Satlantas Polres Bogor yang bertugas di sekitar Simpang Gadog menaruh curiga dengan atribut yang digunakannya saat melintas di traffic light Simpang Gadog, Bogor, Kamis (12/5). Saat itu, HZ menggunakan motor yang dimodifikasi menyerupai motor polisi.

“Kronologisnya yang bersangkutan itu kan diberhentikan petugas kami di lampu merah Simpang Gadog. Kemudian petugas kami menanyakan identitasnya, yang bersangkutan mengaku anggota Polresta Bogor Kota, anggota Polsek Bogor Barat,” ujar Dicky.

Saat itu, terang Dicky, petugas sempat masuk kembali ke Pos Simpang Gadog untuk mengambil surat tilang. Namun, saat kembali, HZ melarikan diri arah Jalan Raya Puncak.

“Kemudian dilakukan pengejaran hingga akhirnya tertangkap di sekitar Cimory. Kemudian di situ ditanyai, dimintai keterangan secara lengkap, di situ ketahuan bahwasanya dia bukan anggota Polri. Dia itu mahasiswa salah satu universitas di Bogor,” ujar Dicky.

Saat itu, kata Dicky, petugas sempat masuk kembali ke Pos Simpang Gadog untuk mengambil surat tilang. Namun, saat kembali, HZ melarikan diri arah Jalan Raya Puncak.

“Dikejar kan, akhirnya tertangkap di sekitar Cimory. Kemudian di situ ditanyai, dimintai keterangan secara lengkap, di situ ketahuan bahwasanya dia bukan anggota Polri. Dia itu mahasiswa salah satu universitas di Bogor,” kata Dicky.

Dicky mengatakan, tersangka kerap menggunakan atribut mirip polisi untuk memberikan pengawalan. Polisi belum menemukan indikasi tersangka mengaku-aku sebagai polisi untuk menilang.

“Kami lihat tidak ada mengarah ke sana (penilangan), dari pengakuannya lebih kepada mengaku sebagai polisi dan melakukan pengawalan. Sering dia itu melakukan pengawalan,” tutup Dicky. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Mandi di Sungai Sumenep, 2 Remaja Tewas Tenggelam

Peristiwa naas terjadi, Dua remaja ditemukan tewas tenggelam di sebuah sungai di Sumenep. Kedua korban diduga tak bisa berenang saat mandi bersama teman-temannya menjelang...

Hukum

14 Wanita Pemandu Karaoke di Pasaman Barat Diamankan Satpol PP

Sebanyak 14 orang perempuan yang bekerja sebagai pemandu karaoke di tiga kafe berhasil diamankan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). "Kita...