Polda Kalbar Gelar Operasi Patuh Kapuas 2022, Fokus pada 8 Pelanggaran Lalu Lintas

Operasi patuh kapuas 2022 digelar Polda Kalimantan Barat (Kalbar) untuk menekan lalu lintas. Dalam perencanaan operasi ini akan digelar mulai dari tanggal 13 sampai 26 Juni 2022 yaitu sekitar 14 hari.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro mengatakan, Operasi Patuh Kapuas dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjelang Hari Bhayangkara Tahun 2022. Sekaligus juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya.

“Operasi ini juga bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan fatalitas (kematian) serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya,” katanya saat apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2022 dikutip dari kalbar.inews.id, Senin (13/6/2022).

Kapolda mengharapkan seluruh kepala kesatuan di wilayah jajaran Polda Kalbar menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif.

“Kami harap anggota bertindak tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan selama digelarnya Operasi Patuh Kapuas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar juga menekankan kepada anggota yang melaksanakan operasi pengamanan agar melaksanakan tugasnya secara profesional dan humanis.

“Berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarana dan prasarana dan perlengkapan perorangan yang memadai serta mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tuturnya.

Dikutip dari Korlantas Polri @ntmc_polri, delapan sasaran khusus Operasi Patuh 2022 yang akan diberlakukan tilang oleh polisi tersebut yakni :

1. Knalpot bising.
2. Kendaraan yang menggunakan rotator atau lampu strobo tidak sesuai peruntukannya, khususnya pelat hitam.
3. Balap liar.
4. Melawan arus.
5. Menggunakan HP saat mengemudi.
6. Tidak memakai helm SNI.
7. Tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.
8. Sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Bapak dan Anak Dilaporkan Hilang Usai Terseret Ombak di Pantai Selatan

Bapak dan anak yang bernama Sumaji (46) dan Marga Zidan Eria Okta Pramisawara (13) warga Desa Kalitengah, Kecamatan Pangungrejo, Kabupaten Blitar, dilaporkan hilang ditelan...

Hukum

Edarkan Narkotika di Kalsel, 7 Pengedar Berhasil Diamankan Polisi, 608 Gram Sabu Disita

Tujuh pengedar narkotika jenis sabu berhasil ditangkap oleh Tim Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) di lokasi yang terpisah di Kabupaten Tapin dan Kabupaten Barito Kuala,...