Petugas Satpolair Patroli Akibat Gelombang Pasang di Bali

Petugas Satpolair melakukan patroli di obyek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Sabtu (16/7/2022), dikarenakan terjadinya gelombang pasang dan pengelola pun memberikan peringatan kepada pengunjung.

Petugas Satpolair Polres Tabanan pun berpatroli pada garis peringatan dilarang melintas yang telah terpasang.

“Naiknya (gelombang) sampai batas tanda peringatan. Masih di wilayah pantai. Semakin ke barat (garis pantai) semakin pendek gelombangnya,” jelas Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasatpolair) Polres Tabanan AKP I Wayan Putra Adnyana.

Meski telah dipasang rambu peringatan oleh petugas, pihaknya bersama delapan personel lifeguard tetap siaga untuk mengingatkan pengunjung.

Ia menyebut, sejak Senin lalu gelombang pasang terjadi di beberapa garis pantai timur Tabanan. Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi ini diperkirakan akan berlangsung sampai Minggu (17/7/2022). Selain di kawasan wisata, ia juga mengimbau para nelayan dan warga yang beraktivitas di pesisir untuk lebih berhati-hati.

“BMKG, Basarnas, juga sudah menyampaikan imbauan agar berhati-hati dengan gelombang pasang. Kami meneruskan imbauannya melalui grup WA kelompok nelayan,” imbuhnya.

Terpisah, Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah III, I Nyoman Gede Wiryajaya membenarkan kondisi di pantai Selatan Bali sedang dilanda gelombang tinggi.

“Pengamatan BMKG memang tinggi gelombang di tengah laut mencapai 4-5 meter. Yang kita lihat ekstrem saat ini adalah angin, gelombang, dan hujan,” bebernya.

Ditambahkan, secara umum saat ini wilayah Bali telah memasuki musim kemarau. Menurutnya, sejak beberapa hari terakhir sejumlah wilayah di Bali juga mengalami angin cukup kencang. Itu pula yang menjadi salah satu pemicu gelombang tinggi di perairan selatan Bali.

“Saat ini angin muson timur dari Australia. Jadi, saat ini memang kondisi angin cukup kencang angin timur. Angin yang kencang belakangan ini memang memicu gelombang tinggi di selatan Bali,” ungkapnya.

BACA JUGA  Rumah Panggung Loloan yang Semakin Jarang Ditemui di Jembrana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3