Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Berukuran 1,5 Meter di Jambi

Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanjab Timur, Jambi, melakukan evakuasi koloni tawon yang bersarang di sekitar pemukiman warga di dua lokasi berbeda yang berada di Kelurahan Paritculum I, Kecamatan Muarasabak Barat, Rabu (15/6/2022) malam.

Proses evakuasi dan pemusnahan sarang tawon ini dilakukan petugas sekira pukul 19.50 WIB. Hal ini dilakukan agar tidak menyita banyak perhatian warga sekitar untuk berkerumun di sekitar lokasi dan meminimalisir terjadinya bahaya yang bisa saja ditimbulkan.

Dikutip dari jambiindependent.disway.id, Kamis (16/6/2022), Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanjab Timur, Yafrizal mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada malam itu merupakan hasil tindak lanjut dari laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan sarang tawon di sekitar pemukiman mereka.

“Dari hasil laporan itu kemudian kami turun ke lokasi untuk melakukan survei. Melihat memang benar ada dua titik keberadaan sarang tawon yang sangat berbahaya ini, kemudian kami melakukan evakuasi dua sarang tawon tersebut,” pungkasnya.

Usai dievakuasi dari tempat sarang tersebut menempel yakni di dahan, selanjutnya sarang beserta koloni tawon ndas tersebut dimasukkan petugas ke dalam karung dan dimusnahkan di tempat menggunakan racun serangga.

“Setelah dievakuasi, terpaksa sarang dan kawanan tawon ini kemudian kami musnahkan ditempat menggunakan racun serangga. Sebab, kita disini belum ada penangkaran untuk tawon jenis ini,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, untuk sarang tawon yang pertama dievakuasi malam itu ukurannya tidak terlalu besar, dan untuk sarang tawon kedua yang dievakuasi pada malam yang sama itu ukuranya cukup besar.

“Kalau sarang tawon yang pertama tadi ukuranya tidak terlalu besar. Kalau yang kedua ini lumayan besar, lebarnya sekitar 50 cm dan tingginya sekitar 1,5 meter,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur sejumlah wilayah Riau, Kamis (23/6/2022). Forecaster On Duty BMKG stasiun...

Hukum

ODGJ di Kotamobagu Ngamuk Sambil Bawa Parang, Warga Emosi dan Kejar Pelaku

Seorang pria di Kotamobagu, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengamuk di jalanan dengan membawa senjata tajam jenis parang. Diduga pria tersebut merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa...