Pertamina Jamin Aman Pasokan BBM di DIY Hingga Lebaran 2022

- Advertisement -
PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman untuk memenuhi kebutuhan konsumen, hingga memasuki masa arus mudik Lebaran 2022.

Hal tersebut disampaikan Brasto Galih Nugroho. Dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2022), Area Manager Communications, Relations & Corporate Social Responsibality  Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, itu menuturkan jaminan keamanan BBM tersebut mengacu kondisi stok di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewulu Yogyakarta yang cukup bagus.

“Yang jelas stok pertalite, stok pertamax series maupun stok BBM jenis solar maupun dex series di terminal (Rewulu) dalam kondisi bagus jadi konsumen tidak perlu khawatir,” kata Brasto, dilansir dari laman InfoPublik.

Menurut Brasto, kondisi stok BBM jenis solar di TBBM Rewulu Yogyakarta bisa bertahan hingga 22 hari, pertamax 16 hari, sedangkan pertalite mendekati 10 hari untuk disalurkan ke seluruh SPBU di DIY.

Selain itu, di TBBM Rewulu juga terdapat jalur pipa yang terhubung dengan kilang BBM di Cilacap, Jawa Tengah. “Sehingga pasokan untuk DIY dipastikan aman,” ujar dia.

Brasto memperkirakan tren konsumsi BBM jenis gasoline di Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul hingga lebaran rata-rata mengalami peningkatan 12 persen dari semula rata-rata harian normal 1.731 kilo liter (KL) menjadi 1.933 KL.

Sedangkan BBM gasoil diprediksi meningkat 1,3 persen dari semula rata-rata harian normal 406 KL menjadi 411 KL.

Menyambut momentum lebaran, kata Brasto, Pertamina telah membentuk satuan tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada 11 April hingga 10 Mei 2022.

Sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, Pertamina juga menyiapkan SPBU Kantong berupa mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong atau cadangan suplai BBM di titik-titik yang rawan dengan kemacetan.

BACA JUGA  PLN Sempurnakan Sistem Digital Rantai Pasok Kelistrikan

Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum melakukan perjalanan.

“Untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina di nomor 135,” ujarnya.

Selain BBM, Brasto memproyeksikan konsumsi elpiji di DIY juga mengalami peningkatan sebesar 32 persen dari semula rata-rata normal 478 metrik ton (MT) menjadi 493 MT.

Untuk menjamin ketersediaan elpiji di wilayah DIY, Pertamina menambah armada skid tank, menyiapkan 98 Agen Siaga dan 712 Pangkalan Siaga PSO, serta 141 Outlet Non-PSO yang beroperasi saat masa libur lebaran.

Brasto mengatakan khusus wilayah dengan permintaan elpiji tinggi beberapa Agen LPG bakal disiagakan 24 jam.

“Tidak hanya itu, konsumen juga dapat dimudahkan memesan Bright Gas menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan stok bahan bakar minyak (BBM) aman di semua provinsi dan bahkan penyaluran sudah “over”atau melebihi kuota untuk memastikan ketersediaan di tengah masyarakat.

“Stok aman ini fakta, Pertamina sudah langsung mengecek ke berbagai provinsi,” ujar Nicke melalui keterangan tertulis setelah meninjau ketersediaan BBM di Kota Medan, Sabtu (9/4/2022).

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Ayah, Anak, dan Nenek Ditemukan Tewas Akibat Longsor Cijeruk

Tiga korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat berhasil ditemukan Tim SAR dalam kondisi meninggal dunia pada...

Hukum

Istri Wakil Bupati Solok Diperiksa Dugaan Kasus Penggelapan

Dugaan kasus penipuan dan penggelapan, Istri Wakil Bupati (Wabup) Solok, Jon Firman Pandu yang bernama Kurniati diperiksa Polda Sumbar pada Senin (23/5). Pemeriksaan istri dari...