Perdana Menteri Italia Mario Draghi Mengundurkan Diri Seiring Krisis Semakin Tajam

Perdana Menteri Italia Mario Draghi telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Sergio Mattarella setelah partai-partai kunci koalisi menarik dukungan mereka untuk pemerintahannya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (21/7), kantor presiden mengatakan Mattarella telah menerima  pengunduran diri Mario Draghi  dan meminta pemerintahan Draghi untuk tetap berjalan sementara.

Pengunduran diri itu membuka jalan bagi pemilihan awal pada September atau Oktober. Pernyataan kantor kepresidenan tidak merinci apakah Mattarella akan membubarkan parlemen atau mengadakan jajak pendapat.

Mario Draghi, mantan kepala Bank Sentral Eropa, menjadi perdana menteri pada 2021 ketika Italia bergulat dengan pandemi virus corona dan kondisi ekonomi yang sakit, telah menegur koalisi persatuan nasionalnya yang bertengkar dan mendesak mereka kembali ke barisan sebelum terlambat.

Dia memenangkan mosi tidak percaya di Senat pada hari Rabu, tetapi boikot oleh tiga sekutu koalisinya dalam pemungutan suara hampir menghancurkan prospek untuk kelangsungan hidup pemerintah persatuannya .

Dia telah mengajukan pengunduran dirinya minggu lalu setelah salah satu mitranya, Gerakan Bintang Lima yang populis, gagal mendukungnya dalam mosi percaya tentang langkah-langkah mengatasi biaya hidup yang tinggi.

Mattarella pada saat itu telah menolak pengunduran diri dan menyuruhnya untuk menghadap parlemen untuk melihat apakah dia dapat mempertahankan koalisi yang luas sampai akhir yang direncanakan dari legislatif pada awal 2023.

Dalam pidatonya di depan Senat setelah lolos dari mosi tidak percaya, Draghi telah mengajukan permohonan untuk persatuan dan memaparkan serangkaian masalah yang dihadapi Italia dan kondisi untuk tetap menjabat.

Tetapi Bintang Lima (5-star) sekali lagi memutuskan untuk tidak mendukungnya, dengan mengatakan bahwa dia tidak membahas masalah inti mereka.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6