Perayaan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah di Jembrana Dengan Pawai Budaya

Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah dimeriahkan dengan kegiatan pawai budaya di Jembrana pada Jumat malam (29/7/2022) dimulai pukul 19.30 Wita. Kegiatan itu diikuti sekitar 500 orang.

Ratusan warga setempat ikut untuk menyaksikan pawai tahun baru islam tersebut. Anak-anak hingga orang dewasa terlihat antusias berjalan kaki dari Jalan Gunung Agung Kelurahan Loloan Timur, lalu melewati Jalan Gatot Subroto – Jalan Kalimutu Loloan Barat – Jalan Katulampa kemudian kembali ke arah Loloan Timur, dengan jarak sekitar 3 kilometer.

“Antusias warga sangat tinggi, karena selama dua tahun tidak diselenggarakan. Alhamdullilah, sekarang ini bisa terselenggara lagi,” kata Ketua Pelaksana Festival Budaya Loloan, Ainur Rofiq.

Pawai diawali dengan atraksi marching band dari perwakilan Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana. Selanjutnya disusul sepeda ontel, rombongan pengantin kuno, parade pakaian kuno, pawai obor, mainan cikar-cikaran, atraksi grup Hadrah Banglades, khitanan ala kuno, dan parade kelompok pengajian masyarakat.

Uniknya, peserta pawai budaya sebagian besar menggunakan pakaian adat Melayu. Untuk diketahui, warga Loloan Jembrana memang mayoritas merupakan generasi warga Melayu sejak ratusan tahun lalu.

Ainur Rofiq menambahkan, Festival Budaya Loloan ini digelar rutin. Hanya saja, kemarin ini sempat tidak digelar lantaran adanya pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19.

“Festival ini untuk menyambut tahun baru Hijriah,” jelasnya.

Selain pawai budaya, diselenggarakan juga Loloan Jalan Lame. Kegiatan tersebut menampilkan adat, budaya, dan seni khas Loloan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3