Penimbun Solar dan Pertalite di Tuba Diringkus Polisi

Pelaku penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan pertalite berhasil diringkus Polres Tulangbawang.

Rosani (40) tahun warga Kampung Penawarrejo, Kecamatan Banjarmargo diamankan beserta barang bukti ratusan liter BBM jenis solar dan pertalite hasil mengecor di SPBU 34.345.28 Kecamatan Banjarmargo.

Kasat Reskrim Polres Tulangbawang, AKP Wido Dwi Arifiya Zaen menjelaskan tersangka melancarkan aksinya dengan cara membeli kedua jenis BBM tersebut di SPBU dengan menggunakan motor dan mobil.

“Pelaku membeli BBM secara berulang-ulang dengan kendaraan dan membawa BBM tersebut ke rumahnya yang berada di samping SPBU 34.345.28 Kecamatan Banjarmargo, lalu dituangkan ke jeriken,” ujar Wido, Rabu (20/4).

Pihaknya menyita barang bukti 15 jeriken berisi 525 liter pertalite, 11 jeriken berisi 385 liter solar, dan motor yang telah dimodifikasi tengkinya,” terang Wido.

“Keuntungan pelaku Rp 15 ribu per jeriken,” ungkapnya.

Wido mengatakan terdapat pelaku lain yang kini diburu dan diduga menjadi pemodal. Selain itu, pihaknya kini tengah mengusut adanya dugaan keterlibatan petugas SPBU yang memuluskan aksi Rosani mengecor dan menimbun BBM jenis solar dan pertalite.

“Petugas tengah memburu W yang diduga sebagai pemodal R mengecor BBM di SPBU Unit I. W ini adalah warga Way Kanan,” paparnya.

Kini tersangka terancam dijerat Pasal 53 huruf C UU Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, dengan ancaman penjara maksimal tiga tahun dan denda Rp 30 miliar. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Penemuan Sesosok Mayat Dekat Istana Bogor, Warga Kira Boneka

Penemuan mayat pria hebohkan warga di saluran air di Jalan Jalak Harupat, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Mayat pria tanpa identitas itu sempat...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Ribuan Pembudidaya Ikan Hias di Tulungagung Gulung Tikar

Harga ikan hias yang anjlok sejak beberapa bulan lalu di pasaran menyebabkan ribuan pembudidaya ikan hias di Tulungagung gulung tikar dan berbondong-bondong beralih ke...

Hukum

Gerebek Kampung Ambon Jakarta Barat, 2 Pengedar Ditangkap Polisi

Polisi kembali melakukan penggerebekan ke Kompleks Permata atau dikenal Kampung Ambon di Cengkareng, Jakarta Barat. Dalam penggerebekan didapati dua orang pengedar ditangkap di lokasi. "Kita...