Pemusnahan Daging Sapi Cegah Penularan PMK di Lombok

Pemusnahan daging sapi sebanyak 9,68 Kg yang berasal dari Bali. Hal tersebut dilakukan oleh Balai Karantina Pertanian kelas I Mataram wilayah kerja Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Pemusnahan daging sapi bertulang seberat 9,68 Kg tersebut dilakukan bersama personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II Polres Lombok Barat.

“Kegiatan pemusnahan tersebut dilakukan dikarenakan tanpa adanya kelengkapan dokumen karantina dari daerah asal,” ungkap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman.

Daging sapi tersebut dikirim menggunakan truk dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan ASDP Lembar dan selanjutnya akan dibawa menuju Mataram. Kegiatan penjaringan dan pemeriksaan tersebut sesui dengan SE No 4 tahun 2022 tentang pengendalian lalu lintas hewan rentan PMK dan produk hewan rentan PMK berbasis zonasi.

“Saat ini Bali juga tengah lockdown PMK,” kata Iptu Irvan.

Selain itu juga sebagai tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 21 tahun 2019 tentang karantina. Pengiriman hewan ternak lintas daerah haruslah dilengkapi dengan dokumen karantina dari daerah asal.

“Sehingga karena hal tersebut, maka dilakukan penahanan oleh pihak karantina dan,” imbuhnya.

Lalu karena tidak memiliki dokumen dari daerah asal maka dilakukanlah tindakan Pemusnahan.

“Selain itu juga kegiatan pemusnahan tersebut dalam rangka mencegah masuknya media pembawa hama penyakit hewan karantina (HPHK). Juga media pembawa organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK),” pungkas Iptu Irvan Surahman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3