Pemprov Kalteng Tanam Pohon Dalam Rangka Menuju Indonesia FOLU

Dalam rangka menuju Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Sebangau, Kota Palangka Raya baru-baru ini.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S Ampung mengatakan kegiatan itu dilaksanakan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mitigasi pengendalian perubahan iklim.

“FOLU Net Sink 2030 yaitu suatu pendekatan dan strategi, di mana pada tahun 2030 tingkat serapan emisi sektor FOLU ditargetkan sudah berimbang atau lebih tinggi daripada tingkat emisinya,” kata Leonard, dilansir dari Borneonews, pada Minggu 17 Juli 2022.

Dia menjelaskan, komitmen Indonesia dalam pengendalian iklim cukup jelas dalam hal penyerapan bersih atau Net Sink karbon melalui kehadiran Indonesia dalam forum lingkungan hidup internasional.

Komitmen tersebut pun diejawantahkan ke dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 168 Tentang FOLU Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim.

“Provinsi Kalteng telah berupaya dalam mengurangi gas rumah kaca terutama dalam gerakan revolusi hijau dengan mengelola dan menghijaukan kembali lahan kritis. Gerakan masif ini melibatkan seluruh lembaga dan masyarakat untuk ikut serta menanami pohon,” tuturnnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan itu dapat memberi gambaran terkait pemetaan strategi pemulihan lingkungan, pengurangan efek gas rumah kaca khususnya di Kalteng sebagai salah satu provinsi yang memiliki hutan gambut dengan skala luas di Indonesia.

“Mari kita bersama mengerahkan perhatian, kepedulian dan kesadaran untuk ikut serta mengatasi perubahan iklim demi kelangsungan umat manusia di bumi ini,” tukasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3