Pemko Palangka Raya: Hari Raya Kurban Tanpa Kantong Plastik

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerbitkan Surat Edaran Walikota Palangka Raya Nomor: 940/DLH/II.1/VI/2022, tentang Pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa sampah plastik.

Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini menyebutkan bahwa dikeluarkannya surat edaran tersebut merupakan upaya untuk menghindari timbunan sampah plastik saat Hari Raya Iduladha yang jatuh pada hari Minggu (10/7/2022).

Surat Edaran ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah menerbitkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022 tentang pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa sampah plastik.

“Momentum Iduladha harus memicu semangat mengurangi produksi sampah yaitu untuk mengantisipasi timbunan sampah plastik sebagai kantong pembungkus daging kurban, serta menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” ucap Achmad Zaini, Selasa (5/7/2022).

Zaini menambahkan sebagai solusi pengganti kantong plastik beberapa alternatif dapat digunakan antara lain dengan menyediakan bakul dari purun atau tas berbahan ramah lingkungan untuk pengemasan daging kurban. Selain itu bagi penerima daging kurban dapat juga membawa kantong atau wadah sendiri.

“Dengan pengurangan penggunaan kantong plastik ini, harapannya pelaksanaan kurban menjadi lebih berkah untuk masyarakat Kota Palangka Raya dan juga lingkungan sekitar,” pungkasnya, dilansir dari laman infopublik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3