Pemerintah Tetapkan Minyak Goreng Curah Berbasis DMO

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan stok dan harga minyak goreng dipasaran stabil.

Hal itu dikarenakan ekspor crude palm oil (CPO) telah dibuka diiringi pemberlakuan kebijakan baru yakni dengan mengubah ketersediaan minyak goreng curah yang tadinya berbasis subsidi menjadi berbasis pemenuhan pasar domestik atau DMO

Oleh karena itu, dirinya meminta masyarakat untuk tenang karena pasokan minyak goreng dalam kondisi aman dan harganya terjangkau.

“Pemerintah mengimbau masyarakat tidak panik, tak perlu galau atau khawatir pasokan domestik berkurang atau harga meningkat. Ini kami pastikan tak akan terjadi,” tutur Luhut saat menyampaikan update ketersediaan dan keterjangkauan minyak curah, secara daring, Minggu (5/6/2022).

Luhut mengatakan, sejak 1 Juni 2022, jumlah DMO yang ditetapkan pemerintah sebesar 300 ribu ton minyak goreng per bulan atau 50 persen lebih tinggi dibanding kebutuhan domestik.

Terkait harga yang disarankan di pasaran untuk minyak curah yakni sekitar Rp14.000 hingga Rp15.000 perliter.

“Jumlah (DMO) itu lebih tinggi 50 persen dibandingkan dengan kebutuhan domestik kita, hal ini dilakukan untuk membanjiri pasar domestik hingga dapat memudahkan masyarakat dalam mencari minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 atau mungkin Rp15.000 sekian,” ucap Luhut.

Tak hanya memastikan minyak goreng saat ini terpenuhi di pasar-pasar domestik, Luhut juga memastikan kalau harga yang dipatok pemerintah sesuai pada HET.

Kebijakan itu dilakukan pemerintah kata Luhut guna memastikan agar ketersediaan minyak goreng dan harga yang terjangkau dapat terpenuhi untuk masyarakat

“Langkah itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng domestik pada harga yang terjangkau selepas larangan ekspor ini dicabut,” tutur Luhut.

Dengan adanya kebijakan tersebut, pemerintah kata Luhut meminta agar masyarakat tak perlu cemas atau khawatir ketersediaan minyak goreng akan kembali langka.

BACA JUGA  Wagub DKI: Pentingnya Basis Data Terpadu dan Kolaborasi Lintas Sektor

Luhut memastikan hal tersebut tidak akan terjadi, bahkan terkait harga juga sudah ditetapkan pada HET yang diatur oleh pemerintah.

“Dengan kebijakan ini, pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak panik, tidak perlu galau, atau khawatir pasokan domestik akan berkurang atau harga meningkat, ini kami pastikan tidak akan terjadi,” tegas Luhut.

Luhut memastikan kalau pemerintah akan menyalurkan minyak curah dengan HET yang disarankan ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh program tersebut dengan baik.

Untuk kompensasi penambahan biaya angkut, pemerintah juga akan memberikan kompensasi penambahan angka pengalih biaya ekspor.

“Melalui mekansiem ini Pemerintah berharap program minyak curah untuk rakyat bisa terjangkau di seluruh wilayah Indonesia di seluruh pelosok tanah air karena akan kita berikan pengalihnya itu sesuai dengan jauhnya atau ongkos transportasi tadi,” tukas Luhut, dilansir dari infopublik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3