Pemerintah Singapura Sumbang US$50.000 untuk Bantuan Gempa Afghanistan

“Pemerintah Singapura akan menyumbangkan US$50.000 (Rp. 74miliar) sebagai dana awal untuk mendukung upaya penggalangan dana publik Palang Merah Singapura (SRC) terhadap krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh gempa di Afghanistan pada 22 Juni 2022,” kata Kementerian Luar Negeri (MFA) dalam sebuah pernyataan, Jumat (24 Juni).

“Ini akan melengkapi komitmen SRC sebesar S$50.000 untuk pasokan medis yang sangat dibutuhkan dan kebutuhan dasar lainnya.

Singapura menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga korban gempa.”

Gempa berkekuatan 5,9 pada hari Rabu, yang paling mematikan di Afghanistan dalam beberapa tahun,  paling parah terjadi di provinsi Paktika di bagian timur.

Selain merusak atau menghancurkan ribuan rumah dari tanah dan bangunan lainnya, itu juga merobohkan menara telepon seluler dan kabel listrik sambil memicu tanah longsor dan tanah longsor yang memblokir jalan pegunungan.

Gempa tersebut telah menewaskan sedikitnya 1.000 orang, dan melukai 1.500 orang. Lebih dari 3.000 rumah hancur.

singapura
Seorang pria berdiri di antara kehancuran setelah gempa bumi di desa Gayan, di provinsi Paktika, Afghanistan. AP Photo: AP/Ebrahim Nooroozi

Pada hari Kamis, Palang Merah Singapura berkomitmen S$50.000 untuk mendukung masyarakat yang terkena dampak di Afghanistan.

Kontribusi dari Palang Merah Singapura akan “mendukung kebutuhan mendesak mereka yang terkena dampak, termasuk makanan, tempat penampungan darurat, perawatan trauma darurat, barang-barang non-makanan serta air, sanitasi dan kebersihan”, katanya.

Ia menambahkan bahwa barang-barang bantuan seperti selimut, tenda, terpal, wadah air, makanan dan air sedang dalam perjalanan ke zona yang terkena dampak, sementara tim kesehatan keliling dan ambulans juga telah diarahkan ke daerah-daerah tersebut.

Palang Merah Singapura juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa seruan penggalangan dana publik akan diluncurkan untuk mendukung operasi bantuan dan pemulihan di Afghanistan.

Rincian tentang bagaimana anggota masyarakat dapat memberikan sumbangan akan dipublikasikan di situs web Palang Merah Singapura setelah permohonan itu diluncurkan.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

120 Warga Negara Asing Dideportasi Imigrasi Tanjungpinang Kepri

Sebanyak 120 Warga Negara Asing (WNA) dideportasi Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Kepulauan Riau sepanjang tahun 2022. Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Warga...

Hukum

Modus Order Barang, Pria di Padang Ditangkap Polisi

AM (47) tahun, Seorang pria pelaku penipuan ditangkap Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat yang diduga kuat telah menipu belasan toko di kota setempat...