Pembangunan Kawasan Industri Tembakau di Lombok Timur Akan Disegerakan

Upaya pembangunan kawasan industri tembakau di Lombok Timur akan disegerakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Hal tersebut didasari dari banyak masyarakat Lombok Timur yang menjadi petani, khususnya untuk tembakau.

Pemda bekerjasama dengan pemerintah provinsi telah merencanakan untuk membangun Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) ini. Untuk pembangunannya saat ini sedang diproses, yang rencananya akan dibangun di Desa Paokmotong, Lombok Timur.

Hal ini diungkapkan pula oleh Anto, Kepala Seksi (Kasi) pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan, Dinas Pertanian Lombok Timur.

“Untuk Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) sudah ditender prosesnya, di mana kemarin kita dapat konfirmasi dari provinsi dan sudah proses dia untuk pembangunan tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Anto menjelaskan, dalam pembangunan KIHT disebutkannya beberapa masalah yang dihadapi, satu di antaranya adalah menjelaskan manfaat dari adanya KIHT ini kepada masyarakat.

“Cuman ada beberapa hal yang perlu kita selesaikan, yakni bagaimana memberikan informasi kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat Paokmotong yang menjadi tempat pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau( KIHT) tersebut,” katanya.

Oleh karenanya dalam waktu dekat ini tim dari Provinsi dan Kabupaten Lombok Timur akan melakukan sosiali. Sosialisasi ini akan menargetkan masyarakat Paokmotong sebanyak 200 orang.

Lebih jauh Anto, KIHT ini nanti larinya ke perusahaan tembakau yang belum memiliki izin dan akan ditampung di sana. Adapun pembangunan KIHT di Lombok Timur ini merupakan hasil dari study banding Dinas Pertanian di Kudus pada beberapa waktu lalu.

Tahun ini diharapkan pembangunan untuk KIHT tersebut akan mulai dikerjakan. Diketahui sebelumnya dana pembangunan KIHT ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Provinsi sebesar Rp27 miliar.

“Dengan pembangunan KIHT ini diharapkan supaya bisa mensejahterakan petani tembakau di Lombok Timur, mengingat Lombok Timur merupakan daerah sentra tembakau di Nusa Tenggara Barat,” pungkasnya.

BACA JUGA  Longsor di Tomohon, Seorang Petani Tewas usai Tidak Sempat Lari saat Istirahat dalam Gubuk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3