Pedagang Sayur di Jayapura Keluhkan Pendapatan Menurun

- Advertisement -
Sejumlah pedagang sayur di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, mengeluhkan pendapatan yang menurun di bulan ramadan tahun ini. 

Sebanyak lima unit kendaraan roda dua yang dipakai pedagang sayur itu terlihat diparkir disekitar kawasan Jalan Raya Entrop. Sugianto, salah satu di antaranya di kawasan itu, mengeluh lantaran pendapatannya menurun drastis.

“Sangat parah kerugiannya, makin menurun. Tidak ada yang belanja. Barang-barang jualan ini masih belum terjual. Tahu tempe tidak laku,” kata Sugianto, Jumat (22/4/2022)

“Setengah mati, modal jualan tidak balik, saya harus ambil uang di bank, kadang pinjam di koperasi buat modal,” ujarnya lagi.

Sugianto mengaku, ia dan rekan-rekannya merasa sepi semenjak berakhirnya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI hingga Ramadan ini.

“Saya berjualan sayur sudah 6 tahun. Awalnya, saya keliling dan tiga tahun saya mangkal di sini, tepatnya di depan ruas jalan raya Entrop,” katanya.

Untuk omset penjualan, menurut pedagang itu, biasanya meraup keuntungan Rp700 ribu. Namun, modal yang keluarkan Rp1,3 juta. Saban hari Sugianto menjual beragam dagangan antara lain sayur, cabai, kacang panjang, tahu, tempe, cabai, kacang panjang, dan terong.

“Saya beli kalau Rp1.000 ribu dijual Rp5.000 dan bila harganya Rp7.000 di jual Rp8.000,”ujarnya.

Beragam sayuran dan bumbu dapur yang didagangkan, kata dia, dibeli di Pasar Abe. Sedangkan, tahu dan tempe dibeli di pabrik yang berada di Abepura.

“Sugianto mulai berjualan sejak pukul 09.00 WIT sampai pukul 22.00 WIT,” katanya.

Ia berharap, bisa kembali normal setelah Lebaran, agar dia bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan tapi juga untuk tabung.

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Truk Engkel Alami Pecah Ban hingga Terguling di Tol Purwodadi-Malang

Kecelakaan tol kembali terjadi, Sebuah truk pecah ban terlibat kecelakaan di Tol Purwodadi-Malang Km 68+A atau arah Surabaya-Malang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan...

Hukum

Novel Baswedan Bersedia Tangkap Harun Masiku, Apabila KPK Tidak Mampu Menangkap

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Novel Baswedan bersedia memberikan bantuan kepada KPK untuk mencari Harun Masiku. Harun sendiri merupakan politikus PDIP yang...